Upacara Kedinasan Polri, Hantarkan Aipda Purn.Baselius Palbeno Menuju Tempat Peristirahatan Terakhir

Upacara Kedinasan Polri, Hantarkan Aipda Purn.Baselius Palbeno Menuju Tempat Peristirahatan Terakhir

Kepolisian Resor Belu pada minggu (26/6/2022) kemarin, menggelar Upacara pemakaman Almarhum Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Purnawirawan Baselius Palbeno.

Upacara secara kedinasan Polri yang dimulai pukul 16.00 WITA, ditandai dengan penyerahan jenazah oleh keluarga yang berlangsung di rumah duka yakni di desa Kabuna, Kec. Kakuluk Mesak ,Kabupaten Belu

Upacara penyerahan Jenazah dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, dengan Komandan Upacara, Kapolsek Tasifeto Timur, IPDA Mahrim, SH.

Membacakan amanat singkat Kapolres Belu, Wakapolres Belu mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian sejak tahun 1984 hingga memasuki pensiun pada tahun 2020, Almarhum AIPDA Purn.Baselius Palbeno telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

“Selama aktif di kepolisian hingga memasuki pensiun, Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “kata Wakapolres.

“Saya atas nama Pimpinan Polri dan seluruh keluarga besar Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan menyatakan rasa turut berduka cita atas berpulangnya Almarhum, dengan harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan sesuai dengan amal bhaktinya”lanjut Wakapolres.

Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP memimpin upacara Penyerahan Jenazah Almarhum AIPDA Purn.Baselius Palbeno, minggu (26/6/2022).

Kepada istri, anak-anak serta rumpun keluarga yang ditinggalkan, orang nomor dua di Polres Belu ini berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Menutup amanatnya, Wakapolres Belu mengajak seluruh tamu undangan untuk memberikan maaf atas segala kekhilafan Almarhum semasa hidup, baik sengaja maupun tidak disengaja agar Almarhum dengan tenang menuju alam peristirahatan yang kekal dan abadi.

Pemakaman Almarhum AIPDA Purn.Baselius Palbeno berlangsung di pemakaman umum desa Kabuna,  Kec. Kakuluk Mesak, Kab.Belu.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Sampata Polres Belu.

Upacara pemakaman yang berlangsung ditengah gerimis ini dipimpin Kabag SDM, AKP Yunior Tri Madya Duil, dan dihadiri Kapolsek Kakuluk Mesak beserta staf, Kapolsek Tasifeto Timur beserta staf, Brigadir dan ASN Polri Polres Belu, staf pengurus Bhayangkari, serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum AIPDA Purn.Baselius Palbeno menghembuskan nafas terakhir di RSUD Atambua, jumat (23/6/2022) pukul 03.00 wita karena sakit.

Almarhum putra kelahiran Manusasi, Eban, 10 januari 1962 dari pasangan Almarhum Melkior Palbeno dan Almarhumah Paulina Obenu, meninggalkan 1 orang istri, 5 orang anak dan 8 orang cucu.

Riwayat jabatan:

Setelah di lantik menjadi anggota Polri tahun 1984 dengan pangkat Bhayangkara Dua Polisi (Bharada), Almarhum langsung ditempatkan di Polwil Tim-Tim Polda Nusra dengan jabatan anggota Sabhara Polres Suai.

Selama bertugas di Polwil Tim-tim, Almarhum pernah bertugas sebagai anggota BIN Polres Suai, anggota Reserse Polres Oecuse, anggota Provos Polres Oecuse dan Kapospol Salele Polres Kobalima .

Pada tahun 1999-2022, Almarhum dimutasikan dari jabatan lama Kapospol Salele Polres Kobalima,Polwil Tim-tim ke ke jabatan baru sebagai Kapospol Metamauk, Polres Belu, Polda NTT.

Dari Kapospol Metamauk, Almarhum pernah bertugas sebagai anggota Polsek Lasiolat, anggota Polsek Kobalima, anggota Polsek Lasiolat, anggota Yanum Polres Belu hingga memasuki pensiun dengan jabatan sebagai anggota Polsubsektor Metamauk, sektor Kobalima, Polres Malaka Polda NTT.