Tiga Hari Menghilang Secara Misterius, Seorang Pria dan Anaknya Berumur 8 Bulan Akhirnya Ditemukan Bhabinkamtibmas Umanen dan Warga

Tiga Hari Menghilang Secara Misterius, Seorang Pria dan Anaknya Berumur 8 Bulan Akhirnya Ditemukan Bhabinkamtibmas Umanen dan Warga

Seorang pria bernama Cauturino Ximenes dan anak perempuannya Melania Eulina Ximenes berusia 8 bulan, yang sempat membuat heboh karena diberitakan hilang selama 3 (tiga) hari, akhirnya ditemukan.

Dua orang warga kelurahan Umanen, kecamatan Atambua Barat, kabupaten Belu ini, dilaporkan hilang sejak selasa, 6 september 2022 dan ditemukan kembali oleh Bhabinkamtibmas Umanen, BRIPKA Chrisantus R.Mario Klau dan warga, pada kamis, 8 september 2022.

Saat dikonfirmasi Humas, BRIPKA Mario biasa disapa mengungkapkan, Cauturino Ximenes dan anak perempuannya Melania Eulina Ximenes, menghilang secara misterius saat dalam perjalanan ke tempat pemakaman umum di belakang SD Inpres Sesekoe, kelurahan Umanen.

Sang istri Viktoria Nahak, yang saat itu berangkat bersama suami dan anak-anaknya lanjut Bripka Mario, berusaha mencari namun tidak menemukannya sehingga berinisiatif melapor ke pihak kepolisian.

"Hari Selasa 06 September sekitar pukul 16.30 wita, Caturino Ximenes bersama istri dan anaknya, berangkat dari rumah menuju kuburan di belakang SDI Sesekoe. Dalam perjalanan, istrinya pamit ke rumah sebentar karena ada barang yang lupa sementara Caturino dan anaknya lanjut menuju kuburan. Saat menyusul ke kuburan, dia tidak melihat suaminya dan anaknya disana (kuburan) sehingga dia mencoba mencari di sebuah rumah duka di belakang SD Inpres sesekoe"ungkap Bhabin, BRIPKA Mario.

"Ternyata di rumah duka tersebut, suami sama anaknya tidak ada. Dari situ, istrinya kembali kerumah dan memberitahukan ke keluarga dan tetangga sekitar. Besoknya rabu, 7 september, keluarga melaporkan kejadian tersebut di Polres Belu dan Saya selaku Bhabin di kelurahan Umanen"lanjut BRIPKA Mario.

Usai menerima laporan dari warga lanjut BRIPKA Mario, dirinya bersama Babinsa Umanen, Serda Yeremias Mboa Ghawa dan sejumlah warga, melakukan pencarian hingga akhirnya Cauturino Ximenes dan anaknya Melania Eulina Ximenes. ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat.

Cautriono Ximenes jelas BRIPKA Mario, ditemukan di samping SD Wirasakti Tulamalae sementara anak kandungnya Melania ditemukan di sebuah rumah milik warga di belakang Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Atambua.

"Cautrurino ditemukan kamis (8/9) sore sekitar pukul 16.30 wita di depan SD Wirasakti. Saat ditemukan oleh 2 orang warga, yang bersangkutan mau kabur sehingga mereka kerumah dan memberitahukan ke kita. Saat itu juga kita berangkat, kita lakukan penyisiran di kompleks SD Wirasakti dan akhirnya Cauturino ditemukan dalam kondisi sedikit linglung"ungkap Bhabin.

"Sementara anaknya di hari yang sama kita temukan di rumah warga belakang Lapas. Dari pengakuan Cauturino, anaknya dititipkan di salah satu kenalannya, ibu Regina Resi di Fohomea, kelurahan Manumutin. Saat itu juga kita ke ibu Regina dan dari keterangannya, anak tersebut di titipkan di rumah anaknya di Lapas Atambua. Kamipun bersama Ibu Lurah langsung berangkat menjemput anak dari Cautirino"tambah Bhabin.

Atas peristiwa tersebut, mantan anggota Sat Intelkam Polres Belu ini mengimbau Cauturino Ximenex agar kejadian tidak diulangi lagi dikemudian hari.

"Dari pengakuan Cautirino, sebenarnya dia niatnya pulang kembali kerumah tapi takut karna banyak keluarga dan para pemuda yang sudah menunggu dia karena seharian tidak pulang rumah. Akhirnya dia luntang lantung di jalan sampai anaknya dititip di orang lain"ungkap Bhabin.

"Untuk itu Saya berpesan ke dia, agar lain kali apapun situasinya harus tetap pulang kerumah apalagi bawa anak bayi. Kalau memang ada masalah, bicarakan dengan istri dan keluarga supaya di cari jalan keluarnya. Itu yang kami tegaskan agar kejadian serupa tidak terulang lagi"pungkas Bhabin.