Sidak Malam Hari, Langkah Jitu Propam Polres Belu Pastikan Anggota Polsek Siap Melaksanakan Tugas

Sidak Malam Hari, Langkah Jitu Propam Polres Belu Pastikan Anggota Polsek Siap Melaksanakan Tugas

Setelah sehari sebelumnya menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Polsek dan Polsubsektor jajaran, Seksi Propam Polres Belu kembali menggelar kegiatan serupa dengan mendatangi dua polsek jajaran, selasa (15/2/2022).

Kegiatan pengawasan kali ini berbeda dengan sebelumnya dimana Seksi Propam bergerak pada malam hari guna meninjau kesiapsiagaan dan kedisiplinan anggota.

Berangkat dari Polres Belu sekitar pukul 21.00 wita, Kasi Propam Polres Belu, IPDA Mahrim, SH beserta anggota melakukan inspeksi mendadak ke 2 (dua) Polsek diantaranya Polsek Tasifeto Barat dan Polsek Raimanuk.

Kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) personil Polri oleh Seksi Propam ini dipantau langsung Kabag SDM Polres Belu, AKP Yunior T.M Duil.

Dari pantauan Humas di dua polsek tersebut, pengecekan yang dilakukan mulai dari ruang pelayanan SPKT, ruang tahanan, buku mutasi, buku kunjungan tamu, senjata api inventariis Polsek serta sarana dan prasarana Polsek lainnya.

“Kami dari Seksi Propam sengaja melaksanakan pengecekan pada malam hari untuk mengukur sejauh mana kesiapan anggota dalam melayani masyarakat pada malam hari,” kata Kasi Propam, IPDA Mahrim.

"Dan sekali lagi saya sampaikan, ini (sidak) bukan untuk mencari kesalahan anggota tapi murni Kita menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam penegakkan disiplin anggota Polri dan juga sebagai tindak lanjut perintah Bapak Kapolres Belu, untuk melihat apakah anggota betul-betul menjalankan tugasnya atau tidak, bekerja sesuai SOP atau tidak. Kalau ada yang tidak beres tentu kita berikan sanksi atau teguran sesuai jenis pelanggarannya, bisa berupa teguran atau tindakan disiplin"pungkas Kasi Propam.

Dalam pemeriksaan tersebut, Kasi Propam mengatakan pihaknya mencatat beberapa temuan ringan seperti kurang terawatnya senjata api dan penggunaan seragam polisi yang tidak sesuai aturan.

"Ada beberapa kekurangan yang menjadi catatan Kita seperti di Polsek Raimanuk dimana Bendera merah putih tidak diturunkan pada saat malam hari, senjata api yang kurang di bersihkan dan satu orang anggota piket yang mengenakan seragam setengah dinas"ungkap Kasi Propam.

"Sementara di Polsek Tasifeto Barat, temuannya senjata api inventaris ada yang kurang dirawat atau kotor. Temuan-temuan ini Kita catat sebagai bahan laporan Kita ke Pimpinan. Dan beberapa item yang menjadi temuan, Kita sampaikan supaya tidak terulang lagi dan setiap barang menjadi inventaris Polsek harus betul-betul Kita jaga dan rawat sebagai penunjang pelaksanaan tugas kita"imbuh Kasi Propam.

Pada kesempatan tersebut, Kabag SDM, AKP Yunior Duil juga menyampaikan kepada anggota, meski berdinas malam hari, agar selalu tetap siap siaga.

Hal ini supaya dapat mengantisipasi bila terjadi suatu peristiwa yang bersifat penting atau bahaya dan butuh penanganan cepat anggota kepolisian.

"Dalam situasi apapun kita harus tetap siaga. Kalau mau istirahat harus gantian, tidak boleh semuanya tidur karena ketika ada masyarakat yang lapor, mereka tahu kalau Polisi itu ada dan siap memberikan pelayanan untuk mereka"tegas Kabag SDM.

"Kemudian sarana prasarana mako harus betul-betul kita rawat, kita jaga supaya usia pakainya bisa lama. Kalau makonya bersih, tentu kita merasa nyaman saat melaksanakan tugas. Begitupun senjata api, harus betul-betul siap pakai sehingga ketika turun TKP, senjata api yang terawat ini bisa kita gunakan ketika dalam situasi mendesak atau membahayakan nyawa"pungkas Kabag SDM.