Sambut HUT Polantas ke 69, Polres Belu Gandeng Jasa Raharja Lakukan Ram Check Kendaraan dan Periksa Kesehatan Sopir Angkutan Umum

Sambut HUT Polantas ke 69, Polres Belu Gandeng Jasa Raharja Lakukan Ram Check Kendaraan dan Periksa Kesehatan Sopir Angkutan Umum

Menyambut Hari Polisi Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 yang jatuh pada tanggal 22 september 2024, Kepolisian Resor Belu melalui Sat Lantas bersama Jasa Raharja melakukan kegiatan ramp check atau pemeriksaan fisik angkutan umum di Terminal Kilometer 3, kelurahan Fatukbot, kecamatan Atambua Selatan, kabupaten Belu, selasa (17/9/2024).

Dari laporan yang diterima Humas, anggota Lantas dan Jasa Raharja dipimpin Kanit Patwal Polres Belu, IPDA Natalino Crus Gonzales Melakukan pengecekan kendaraan yang akan pergi maupun datang ke kota Atambua, kabupaten Belu.

Pengecekan kendaraan roda dua hingga enam meliputi surat-surat kendaraan antara lain SIM dan STNK maupun kelayakan kendaraan itu sendiri meliputi lampu utama, rem, wiper, ban, kotak P3K, lampu sein dan peralatan lainnya.

Selain kegiatan ram check, anggota Sat Lantas yang didampingi anggota Klinik Polres Belu, melaksanakan bakti kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir dan kernet angkutan umum.

Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K melalui Kasat Lantas, IPTU Marthen Luther Petterson, SH mengungkapkan, kegiatan ramp check ini bertujuan untuk menjaga keselamatan para sopir dan kernet yang datang maupun bepergian ke luar kota Atambua.

Kasat Lantas menambahkan, selain kegiatan ramp check, petugas juga melakukan cek kesehatan dan narkoba bagi para sopir dan kernet.

“Kami melakukan pengecekan surat-surat kendaraan semisal SIM dan STNK maupun kelayakan kendaraan itu sendiri seperti lampu utama, rem,ban maupun lampu sein apabila tidak menyala atau kurang kami suruh untuk membetulkan dulu. Kalau ada bus yang tidak layak jalan maka kami sarankan untuk menunda perjalanan demi keselamatan orang banyak” kata Kasat Lantas.

"Dan yang kami cek bukan saja kelengkapan surat-surat dan kelayakan kendaraan. Tetapi juga kondisi kesehatan sopir dan kernet. Kita pastikan mereka dalam kondisi sehat sehingga sampai tujuan dengan selamat. Dalam pengecekan ini, semuanya dalam kondisi sehat dan kendaraan juga layak untuk beroperasi"pungkas Kasat Lantas.