Pasca Libur Lebaran, Polres Belu Lembur hingga Malam Kebut Vaksinasi dan Salurkan Bantuan Tunai Pangan

Pasca Libur Lebaran, Polres Belu Lembur hingga Malam Kebut Vaksinasi dan Salurkan Bantuan Tunai Pangan

Pasca libur lebaran Idul Fitri 1443 H, Kepolisian Resor Belu kembali menyalurkan Bantuan Tunai pangan (BTP) untuk Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN).

Teranyar, Penyaluran Bantuan Tunai sebesar Rp.300 ribu untuk masing-masing penerima, dilaksanakan di pelataran Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Belu, selasa (10/5/2022).

Dari pantauan Humas di lapangan, sejak pukul 08.00 wita, masyarakat tertib mengantri di tenda yang disediakan di pelataran Klinik sambil menunggu giliran namanya dipanggil untuk menerima bantuan tunai yang disalurkan pihak kepolisian.

Pada saat pembagian bantuan tunai tersebut, anggota kepolisian menerapkan standar protokol kesehatan dimana masyarakat yang akan menerima pembagian bantuan yang berupa uang tunai itu,wajib memakai masker dan diatur jaraknya ketika mengantri.

Selain itu, masyarakat juga dipastikan telah menerima vaksin. Bagi warga yang belum vaksin atau baru menerima vaksin pertama dan kedua, oleh petugas diarahkan ke tenaga kesehatan untuk diberikan vaksin dosis pertama hingga booster.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengatakan, Bantuan tersebut merupakan program pemerintah dalam bentuk bantuan tunai kepada pedagang kreatif lapangan, warung dan nelayan (BTPKLWN), yang mekanisme penyalurannya melibatkan TNI-Polri, sebagai garda terdepan.

“Ada 9 Polres jajaran Polda NTT termasuk Polres Belu yang kembali diberikan mandat untuk menyalurkan BTP ini dengan sasaran pedagang kaki lima, warung dan nelayan. Untuk bantuan tunai ini kali ini sedikit berbeda dari yang kita salurkan sebelumnya namun sasarannya tetap sama yakni para pedagang kaki lima, warung dan nelayan. Kalau sebelumnya senilai Rp.600 ribu yang dapat digunakan untuk tambahan modal usaha, sementara program kali ini masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan Rp.300 ribu"jelas Kapolres Belu, selasa (10/5/2022).

"Disalurkan tujuannya untuk menjaga daya beli dan mengurangi beban masyarakat terutama yang terkait dengan kebutuhan pangan sehari-hari khususnya kebutuhan minyak goreng sebelum dan sesudah perayaan Idul Fitri 1443 H"lanjut Kapolres Belu.

Kapolres Belu menambahkan, sejak libur lebaran kemarin, pihaknya telah bekerja ekstra ketat pagi hingga menjelang malam, untuk menyalurkan BTP kepada  masyakarat penerima sesuai nama-nama yang tercantum dalam daftar penerima.

"Untuk bantuan tunai ini sudah kita salurkan sebelum lebaran kemarin dan setelah libur lebaran kita lanjutkan lagi dari senin (9/5/2022) kemarin. Dari pagi hingga lewat waktu sholat Isya, anggota kita bekerja keras menyalurkan sedikitnya 700-800 penerima untuk setiap harinya. Hingga hari ini selasa, kami sudah menyalurkan sebanyak tiga ribu lebih penerima. Besok hingga akhir pekan ini kita kebut penyalurannya,sehingga Mei ini bisa mencapai target 100% dari total 9603 penerima yang sudah terverifikasi di system kami"ungkap Kapolres Belu.

"Dan sebagai salah satu syarat untuk menerima bantuan, Kami juga membuka gerai vaksin presisi yang bertujuan memberikan vaksinasi bagi para penerima bantuan. Untuk masyarakat yang belum vaksin dan yang belum vaksin kedua serta booster, langsung Kita arahkan untuk vaksinasi sebelum mereka menerima bantuan "pungkas Kapolres Belu.

​​​​