Polres Belu Gelar Sidang Kelulusan Rikmin Awal Penerimaan Terpadu Polri T.A. 2022

Polres Belu Gelar Sidang Kelulusan Rikmin Awal Penerimaan Terpadu Polri T.A. 2022

Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polri, Kepolisian Resor Belu, menggelar sidang dan pengumuman hasil pemeriksaan administrasi (rikmin) awal penerimaan terpadu anggota Polri T.A 2022, Sabtu (16/42022).

Kegiatan yang dilaksanakan siang tadi di aula Wira Satya Lantai 2 Polres, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang dihadiri Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Kabag SDM, Kasi Propam, Kasiwas, panitia penerimaan Casis serta unsur eksternal dari dinas Dukcapil dan dinas pendidikan dan olahraga (PPO).

Membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu selalu Ketua Pabanrim Belu mengatakan, pada prinsipnya seleksi penerimaan calon anggota Polri ini menerapkan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis).

Dalam Rikmin awal tersebut lanjutnya, para panitia baik internal Polri maupun pengawas eksternal melakukan pemeriksaan awal terhadap kelengkapan berkas-berkas para calon peserta hingga pengukuran tinggi badan dan juga berat badan.

“Dalam proses Penerimaan Terpadu Polri Gelombang II T.A. 2022 ini, sedari awal mengedepankan prinsip BETAH. Setelah mendaftar secara online, pendaftar kemudian melakukan verifikasi berkas di Pabanrim Belu sesuai persyaratan serta melakukan ukur tinggi dan berat badan. Disini proses verifikasi kita libatkan pengawas internal Polri dan eksternal dari dinas Dukcapil dan PPO dalam mengecek keabsahan ijazah maupun domisili dari para pendaftar"jelas Kapolres Belu.

"Dan hasil pemeriksaan awal ini akan diumumkan secara terbuka, masing-masing peserta seleksi bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya. Tentu disini Kita mengedepankan nilai transparansi, yang diharapkan nantinya dapat memperoleh hasil Personil Polri yang berkualitas" tuturnya.

Lebih lanjut, Kapolres Belu menjelaskan, setelah dinyatakan lolos atau memenuhi syarat dalam seleksi administrasi awal di tingkat Polres, para peserta calon anggota Polri bisa mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat Polda NTT.

Dirinya juga mengapresiasi kerja keras dari seluruh panitia sehingga pelaksanaan rikmil awal sejak dibuka pendaftaran hingga pengumuman hasil rikmin berjalan dengan lancar.

“Saya selaku Ketua Pabanrim mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada rekan-rekan yang terlibat dalam panitia dalam rangka Penerimaan Terpadu Bintara Polri Gelombang II T.A. 2022 ini. Juga kepada pengawas Internal maupun Eksternal, sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya

"Setelah sidang ini, Kita akan memberangkatkan adik-adik Kita ke Kupang untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Pesan Saya kepada Casis Polri, jalani seleksi dengan sungguh-sungguh,banyak belajar dan terus berdoa sehingga setiap tahapan dapat dilalui dengan hasil yang baik. Dan yang paling utama ,jangan mudah percaya dengan iming-iming dari pihak oknum tidak bertanggung jawab, yang menjanjikan dan membantu meloloskan menjadi Anggota Polri karena seleksi ini mengedepankan prinsip BETAH"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, Jumlah Casis Polri yang dikirim oleh Panitia pembantu penerimaan (Pabanrim) Belu berjumlah 227 orang dengan rincian Bintara kesehatan : 1 orang, Bintara PTU Polki : 186 orang, Bintara Brimob : 23 orang, Bakomsus logistik : 10 orang serta Bakomsus TI : 7 orang.