Pasca Bom Bunuh Diri di Makasar, Kapolres Belu Serukan Jajaran Perketat Keamanan di Gereja dan Mako

Pasca Bom Bunuh Diri di Makasar,  Kapolres Belu Serukan Jajaran Perketat Keamanan di Gereja dan Mako

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si mengutuk keras tindakan bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makasar, Sulawesi Selatan, minggu (28/3/2021).

Guna mengantisipasi kejadian serupa terjadi di wilayah kabupaten Belu, orang nomor satu di Polres Belu ini langsung memerintahkan anggotanya untuk mendeteksi dini antisipasi teroris dan memperketat keamanan di Gereja-gereja.

Kapolres Belu memastikan, aparat kepolisian bersama stake holder lainnya menjamin keamanan dari keberlangsungan perayaan Pekan Suci Paskah tahun 2021.

"Atas kejadian bom bunuh diri di Makassar kemarin, Saya sudah perintahkan seluruh jajaran untuk meningkatkan keamanan lagi dengan deteksi dini, imbauan, dan patroli. Yang pasti akan lebih banyak personel yang dilibatkan dalam pengamanan di setiap gereja, baik dari Kepolisian sendiri kemudian di dukung rekan-rekan dari TNI, Dishub, Sat Pol PP, Senkom, mitra kamtibmas lainnya serta anak muda Gereja"kata Kapolres Belu, senin (29/3/2021).

"Dan ini (pengamanan) selama pekan suci paskah akan lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Sterilisasi di dalam dan luar Gereja akan lebih intensif Kita lakukan. Kita juga akan minta dari pihak Gereja untuk membantu dengan memberikan informasi, bilamana melihat orang asing yang mencurigakan di sekitar Gereja, agar segera melapor ke pihak keamanan"pungkas Kapolres Belu.

Selain peningkatan keamanan di Gereja, Kapolres Belu juga mengimbau seluruh anggota untuk meningkatkan kewaspadaan, baik saat melaksanakan tugas di lapangan maupun dalam hal pengamanan Mako.

”Seluruh piket fungsi harus ada di Mako di bawah kendali Ka.SPKT. Kita harus betul-betul bertanggung jawab, disiplin dan peka dengan situasi yang ada. Kalau ada tamu yang masuk Mako, wajib Kita lakukan pemeriksaan barang bawaan sesuai SOP yang ada”kata Kapolres Belu

"Kepada para Perwira dan juga Kapolsek, Saya tekankan agar selalu pantau keberadaan anggotanya khususnya yang sedang bertugas dilapangan. Selalu waspada dengan situasi sekitarnya dan tidak gegabah khususnya menghadapi ancaman bom bunuh diri"pungkas Kapolres Belu.