Polres Belu Sukses Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih Tahun 2020

Polres Belu Sukses Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih Tahun 2020

Ratusan personil Polres Belu melaksanakan pengamanan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih tahun 2020 di Ballroom Hotel Matahari Atambua, senin (22/3/2021).

Sebelum terjun ke lapangan, ratusan personil yang terlibat pengamanan ditambah satu peleton personil Kodim 1605 Belu dan Brimob Subden 3 Pelopor Belu, melaksanakan apel kesiapan di Mapolres yang dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si .

Usai apel, personil pengamanan kemudian turun ke beberapa titik pengamanan antara lain luar dan dalam Ballroom hotel Matahari (lokasi rapat pleno),  persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua serta titik pengamanan lainnya.

Sebelum kegiatan tahapan terakhir Pilkada ini dimulai, anggota kepolisian bersama jajaran Kodim 1605 Bel, sudah tampak berjaga-jaga di dalam dan diluar balroom hotel matahari serta menutup sejumlah persimpangan jalan menuju hotel.

Kendaraan taktis milik Sat Samapta Polres Belu seperti Motor dan mobil Raimas, DAPC Tambora dan kendaraan Water Canon juga disiagakan di Hotel Matahari.

Protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin, dimana para tamu undangan yang ditentukan KPU termasuk para Paslon, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum memasuki aula ballroom.

Sesuai pantauan Humas, kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia, dilanjutkan sambutan Ketua KPUD Kab. Belu Mikhael Nahak, S.Sos, sekaligus membuka dengan resmi Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih tahun 2020.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Putusan oleh Ketua KPUD Kab. Belu. Adapun berdasarkan hasil rapat pleno tersebut ditetapkan pasangan calon nomor urut Dua (dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH., dan Drs. Aloysius Haleserens, MM) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si yang turun mengikuti jalannya rapat pleno penetapan paslon terpilih mengungkapkan, pengamanan dilakukan pihaknnya bertujuan mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas sebelum, selama dan sesudah kegiatan.

Dirinya bersyukur, kegiatan tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menggunakan masker, mengukur suhu dan mencuci tangan.

"Pengamanan kali ini bukan saja terfokus pada kamtibmas yang kondusif, tapi juga kepatuhan protokol kesehatan wajib dilaksanakan semua pihak yang hadir dalam kegiatan ini"kata Kapolres Belu.

"Dan seperti Kita lihat hari ini, sampai dengan selesainya pleno, tidak adanya konvoi maupun pergerakan massa. Ini adalah bentuk rasa tanggung jawab dan partisipasi semua elemen masyarakat dalam menjaga kamtibmas dan mencegah munculnya klaster covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Selain berkonsentrasi penuh di hotel Matahari dan kantor penyelenggara pemilu, pihaknya kata Kapolres, juga melakukan patroli mobile dan menyekat ruas jalan dari dan menuju kota Atambua antara lain jalur Atapupu, jalur Halilulik, jalur Sadi dan jalur Fatubenao.

"Kegiatan hari ini betul-betul krusial sehingga kita maksimalkan kekuatan yang ada untuk melaksanakan pengamanan hari ini, dan setiap titik dipimpin langsung perwira pengendali. Kita betul-betul all out dan Alhamdulillah pelaksanaan pelaksanaan pleno hari berjalan aman dan tidak ada gangguan sekecil apapun"tutup Kapolres Belu.

Pelaksanaan rapat pleno penetapan paslon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Belu pagi hingga siang tadi, dihadiri Forkopimda plus kabupaten Belu, anggota DPRD Belu, penyelenggara pemilu, paslon Bupati dan Wakil Bupati Belu paket SEHATI, perwakilan pimpinan Parpiol, sejumlah perwakilan kepala dinas, pimpinan radio dan insan pers.