Lewat Problem Solving, Bhabinkamtibmas Raimanuk Polres Belu Selesaikan Konflik Antara Menantu dan Mertua

Lewat Problem Solving, Bhabinkamtibmas Raimanuk Polres Belu Selesaikan Konflik Antara Menantu dan Mertua

Di dalam setiap keluarga pasti pernah mengalami konflik atau permasalahan. Sekalipun keluarga tersebut dinilai sebagai keluarga harmonis bukan berarti di antara mereka tidak pernah terjadi konflik.

Seperti baru-baru ini terjadi di dusun Funeno, desa Tasain, kecamtan Raimanuk, kabupaten Belu, selasa (3/01/2023).

Hanya gara-gara persoalan sepele, Fransiskus Amor Bouk bertengkar hebat dengan mertuanya Agustinus Sonbay hingga kasus tersebut ditangani anggota Bhabinkamtibmas desa Leuntolu, Bripka David Daner Dalung.

Penyelesaian masalah akhirnya dilaksanakan pada jumat (6/01/2023) di kantor Polsek Ramanuk yang dihadiri kedua pihak serta keluarga, Bhabinkamtibmas desa Leuntolu serta piket SPKT 3 Polsek Raimanuk.

Dalam penyelesaian tersebut, sang menantu Fransiskus Amor Bouk mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, baik kepada mertuanya Agustinus Sonbay maupun kepada orang lain.

Pada kesempatan tersebut pula, Bhabinkamtibmas desa Leuntolu mengajak masyarakat yang hadir untuk senantiasa menjaga kamtibmas dengan menjauhi perbuatan yang melanggar hukum.

Bhabin juga mengingatkan kepada Fransiskus Amor Bouk agar kedepan tidak mengulangi hal yang sama (penghinaan) kepada mertuanya dan bilamana terulang, maka proses hukumlah yang akan ditempuh.

"Dalam perdamaian ini, Kedua pihak sepakat menyelesaikan perkara ini secara adat dengan denda adat berupa 2 botol sopi dan 1 lembar kain adat. Kita imbau pelaku agar kedepan tidak mengulangi hal yang sama maupun tindak pidana lainnya. Kalau sampai mengulangi kesalahannya, maka proses hukumlah yang akan ditempuh"ungkap Bhabin.

"Dan Saya bersama keluarga yang hadir berpesan, dalam sebuah keluarga kalau ada masalah selesaikan dengan tenang atau kepala dingin biar tidak timbul konflik"ungkap Bhabin.