Kawal Vaksinasi Massal di SDK Lafaekfera, BRIPKA Arka Pinta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes Meski Sudah Di Vaksin

Kawal Vaksinasi Massal di SDK Lafaekfera, BRIPKA Arka Pinta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes Meski Sudah Di Vaksin

Dalam rangka akselerasi vaksinasi covid-19 di wilayah tapal batas RI-RDTL (Timor Leste) Kepolisian Resor Belu terus mendukung dan melancarkan program pemerintah terkait vaksinasi merdeka untuk anak berusia 6 smpai 11 tahun.

Salah satu upaya tersebut ditunjukkan anggota Bhabinkamtibmas, BRIPKA Arkadius M.Bere dengan melakukan pendampingan vaksinasi anak dan remaja yang berlangsung di SDK Lafaekfera,Kelurahan Lidak, Kec. Atambua selatan, Kab. Belu, rabu (02/02/2022).

Kegiatan vaksinasi massal tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Atambua Selatan bersama tim Vaksinator, Kepala sekolah SDK Lafaekfera bersama staf guru, anggota Badan Intelejen Negara (BIN),  anggota Bhabinkamtibmas Sekecamatan Atambua Selatan, serta orang tua murid dan 414 peserta vaksinasi.

Dari laporan yang diterima, sebanyak 414 peserta yang terdiri dari 412 pelajar SD dan 2 remaja pelajar SMP, menjalani tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diantaranya pengisian blangko dan pendaftaran, tensi darah serta screening kesehatan dan edukasi vaksinasi covid-19 yang dilayani tenaga vaksinator dan staf medis puskesmas Atambua Selatan.

Selesai menjalani vaksinasi, para peserta dipersilahkan untuk beristirahat 30 menit untuk mengantisipasi KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Kepada Humas, BRIPKA Arka biasa disapa mengatakan, pengamanan dan pendampingan yang dilakukan dari pagi pukul 08.30 witta hingga pukul 16.00 wita, bertujuan untuk menjamin kelancaran serta memaksimalkan akselerasi vaksinasi covid-19 yang ditargetkan mencapai 100 persen di bulan April mendatang.

Bhabinkamtibmas kelurahan Lidak ini mengakui, pihak sekolah dan orang tua wali murid sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini, karena memiliki manfaat yang sangat penting untuk kekebalan tubuh di tengah pandemi covid-19 yang belum mereda.

“Sasaran peserta sebanyak 412 orang namun yang lolos screening dan menjalani vaksinasi sebanyak 321 orang dengan vaksin dosis 1 yang diberikan adalah jenis Sinovac. Yang tidak divaksin hari ini, dari orangtua beralasan anaknya sedang ada gangguan kesehatan"ungkap BRIPKA Arka.

“Dan untuk pelaksanan hari ini berjalan aman dan lancar. Pihak sekolah dan wali murid sangat mendukung agar anak-anak mereka dapat terhindar dari penularan virus Corona (Covid-19) sekaligus mempersiapkan kegiatan belajar Tatap Muka. Dan untuk pendampingan seperti ini, akan terus kami lakukan di gerai vaksinasi maupun di sekolah-sekolah lainnya yang ada di wilayah Atambua Selatan, untuk menjamin pelaksanaannya berjalan aman dan tertib” pungkas BRIPKA Arka.

Pada kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas, BRIPKA Arka berpesan kepada masyarakat dan pelajar yang baru selesai menjalani vaksinasi, supaya tetap menerapkan protokol kesehatan atau 5 M di manapun berada.

"Untuk bapak ibu dan adik-adik mereka yang sudah melakukan vaksinasi hari ini, saya mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan merasa sudah di vaksin lalu mengabaikan protokol kesehatan. Para orang tua Saya minta agar jangan lengah, selalu awasi anak-anaknya agar tidak sembarangan berkerumun di luar"pinta Bhabin.

"Caranyapun tidak susah, keluar rumah atau lagi ditempat keramaian harus selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena itu demi keselamatan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19"pungkas Bhabin.