Kapolres Belu Sambut Presiden Timor Leste di Pos Lintas Batas Negara Motaain

Kapolres Belu Sambut Presiden Timor Leste di Pos Lintas Batas Negara Motaain
Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K saat menyambut Presiden Timor Leste,Jose Ramos Horta di Wisma PLBN Motaain , senin 19 desember 2022

Usai melakukan kunjungan kerja di Distric Oecusse Timor Leste pada minggu (18/12/2022) kemarin, Presiden Negara Republic Democratic Timor Leste (RDTL), Jose Ramos Horta bersama rombongan, kembali ke Dili Timor Leste melalui jalur darat pada senin (19/12/2022).

Dari pintu pelintasan PLBN Wini, kabupaten Timor Tengah Utara, Presiden Timor Leste yang didampingi Presiden pertama Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao serta sejumlah pejabat Negara Timor Leste, melakukan perjalanan darat menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, desa Silawan, kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Tiba di wisma Indonesia PLBN Motaain sekitar pukul 10.18 wita, Presiden RDTL beserta Rombongan yang didampingi Agen Konsulat Timor Leste di Kupang dan Atambua, disambut Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Dandim 1605 Belu, Letkol Arh. Suhardi S.T, Danyonif Raider Khusus 744/SYB,  Letkol Inf Yudhi Yahya, S.H dan Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB,  Mayor Inf Dodi Mulya Harahap.

Rombongan Presiden Timor Leste juga disambut Administrator PLBN Motaain, Engelberthus Klau, S.Ip., M.Si, Staf BNPP PLBN Motaain, Supervisor Imigrasi PLBN Motaain serta sejumlah Pejabat TNI Polri lainnya.

Usai bincang singkat dan foto bersama para pejabat TNI Polri yang hadir, Presiden Timor Leste dan rombongan meninggalkan Wisma PLBN Motaain menuju Pintu Gerbang Perbatasan RI-RDTL di PLBN Motaain, untuk selanjutnya masuk ke PLBN Batugade Timor Leste dan kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju Dili Timor Leste.

Kaitan dengan pelintasan Presiden Timor Leste dan rombongan di wilayah Indonesia, Kapolres Belu mengungkapkan, pihaknya menerjunkan sejumlah personil pengamanan untuk menjamin keamanan dan kelancaran rombongan selama berada di wilayah Indonesia.

"Pengamanan sudah kita lakukan dari hari minggu kemarin yang dipusatkan di PLBN Motaain ketika rombongan Presiden Timor Leste tiba di Motaain. Dari Motaain, anggota Kita melalui Satuan Lalu Lintas melakukan pengawalan rombongan Presiden Timor Leste menuju PLBN Wini wilayah TTU"ungkap Kapolres Belu.

"Dan hari ini, kita kembali bersinergi dengan rekan-rekan TNI melakukan pengamanan di area PLBN Motaain.Pengamanan ini kita lakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan Presiden Timor Leste bersama rombongan selama berada di wilayah Indonesia khususnya di kabupaten Belu. Puji Tuhan bapak Presiden Timor Leste bersama rombongan berangkat kembali ke Dili dalam keadaan aman dan lancar"tutup Kapolres Belu.

Kapolres Belu saat menyambut Presiden Pertama Timor Leste,Kay Rala Xanana Gusmao di Wisma PLBN Motaain , senin 19 desember 2022