Jaga Stamina dan Pantau Situasi Kamtibmas, Kapolres Belu Pimpin Patroli Sepeda Sisir Kota Atambua

Jaga Stamina dan Pantau Situasi Kamtibmas,  Kapolres Belu Pimpin Patroli Sepeda Sisir Kota Atambua

Guna menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang merupakan salah satu tugas pokok kepolisian, Kepolisian Resor Belu dan jajaran aktif menggelar patroli diaogis.

Ada pemandangan berbeda di rabu (30/9/2020) pagi tadi, dimana Patroli dialogis tidak menggunakan kendaraan bermotor melainkan menggunakan sepeda.

Usai memimpin apel pagi, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, didampingi Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie beserta pejabat utama, menggelar patroli bersepeda mengitari kota Atambua.

Berangkat dari Mako sekitar pukul 08.00 WITA, Kapolres Belu dan rombongan bergerak menyisir wilayah pasar lama, pasar baru, kompleks perkantoran, sekolah, tempat ibadah, hingga kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Atambua.

Meski jarak yang ditempuh cukup jauh, hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang nomor satu Polres Belu ini untuk berolahraga menjaga kebugaran tubuh sekaligus memantau situasi kamtibmas dan menyapa masyarakat.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, patroli sepeda ini bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, sembari menyampaikan pesan protokol kesehatan dan pesan kamtibmas lainnya.

”Berkeliling naik sepeda ini juga salah satu olahraga agar badan lebih segar, sehat dan dapat leluasa langsung menyapa warga yang ditemui di jalan sehingga menjadikan Polri lebih dekat dengan masyarakat, Ini sering Saya lakukan waktu menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat”kata Kapolres Belu.

"Kita juga lebih detail mengawasi, dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilewati. Tadi juga Kita samperin masyarakat baik ojek, pedagang dan pengunjung pasar, agar tertib berlalu lintas, patuh hukum dan selalu mentaaati protokol kesehatan. Selalu pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan jauhi kerumunan"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Perwira Dua melati yang hoby berolahraga ini mengungkapkan, dengan semakin banyak petugas berpatroli dan hadir di tengah masyarakat, dengan sendirinya akan menciptakan rasa aman dan nyaman.

"Masyarakat juga dengan mudah melaporkan kepada petugas, jika menjumpai hal-hal yang mencurigakan. Ini (Patroli Sepeda) akan rutin Kita giatkan, tidak saja Kapolres dan pejabat utama, tapi juga dilakukan anggota Samapta yang merupakan bagian dari tugas pokoknya"tutup Kapolres Belu.

Selain Wakapolres Belu, sjumlah perwira yang turut mendampingi Kapolres Belu dalam gowes pagi tadi antara lain Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH, KBO Samapta, IPDA Asep Ruspendi dan Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH.