Hari Terakhir Pendaftaran Balon Kepala Daerah, Kapolres Belu Beri Penekanan ini ke Anggota Pengamanan

Hari Terakhir Pendaftaran Balon Kepala Daerah, Kapolres Belu Beri Penekanan ini ke Anggota Pengamanan

Tahapan Pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, dibuka selama 3 hari yakni dari tanggal 4 s/d 6 september 2020.

Untuk menjaga kondusifitas kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Belu menerjunkan ratusan personilnya yang akan bersinergi dengan instansi terkait, mengamankan jalannnya kegiatan pendaftaran paslon selama 3 hari kedepan.

Dihari terakhir pendaftaran, sebanyak 116 personil pengamanan dan 34 personil perangkat operasi mantap Praja Turangga 2020, melaksanakan apel kesiapan yang dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, minggu (6/9/2020).

Dalam arahannya pagi tadi pukul 09.30 WITA, Kapolres Belu mengimbau anggota yang terlibat pengamanan agar melaksanakan tugas sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga rangkaian kegiatan pendaftaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Saya minta kegiatan pengamanan, harus mengikuti SOP yang ada serta perhatikan keamanan rekan-rekan masing-masing. Jangan anggap remeh, Kita harus betul betul melakukan pengamanan sesuai prosedur yang ada"kata Kapolres Belu.

"Ikuti arahan dari Perwira yang ada dilapangan. Rekan-rekan harus selalu jaga Netralitas karena Polri tidak ada hak suara ataupun memihak. Saya juga ingatkan, Kita jangan melarang bakal calon darimanapun untuk melakukan pendaftaran karena itu hak siapapun. Yang menentukan lolos atau tidaknya itu dari KPU"pungkas Kapolres Belu.

Dalam pelaksanaan pengamanan nantinya, mantan Kapolres Sumba Barat ini menekankan para Perwira dan anggota agar mengimbau masyarakat untuk mengikuti standar protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (phsycal distancing).

"Sampaikan ke masyarakat yang hadir saat deklarasi dan pendaftaran supaya wajib mematuhi 3M. Memakai Masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak. Rekan-rekan yang melaksanakan tugas juga wajib menerapkan protokol kesehatan ini"kata Kapolres Belu.

"Dan ini Saya sampaikan menindaklanjuti penekanan bapak Kapolda kita yang baru, bahwa setiap anggota Polri harus betul-betul memperhatikan aspek kesehatan di setiap tahapan Pilkada karena pandemi Covid-19 ini belum selesai. Jangn sampai ada klaster baru di tahap pendaftaran ini"tegas Kapolres Belu.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain tempat deklarasi paslon Willybrodus Lay, SH dan Drs.J.T Ose Luan (paket Sahabat) di Haliren, kelurahan Manuaman, pengawalan konvoi massa dan juga pendaftaran paslon di kantor KPU Belu.

.