Disambut Kapolres Belu,Tim Itwasda Polda NTT Lakukan Audit Kinerja Tahap II TA. 2024

Disambut Kapolres Belu,Tim Itwasda Polda NTT Lakukan Audit Kinerja Tahap II TA. 2024

Tim Itwasda ( Inspektorat Pengawasan Umum Daerah) Polda NTT, dipimpin Auditor Kepolisian Madya TK.III, Kombes Pol F. X. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., melakukan kunjungan kerja ke Mapolres Belu, rabu (16/10/2024).

Kedatangan Tim dalam rangka audit kinerja Tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian T.A 2024 di Mapolres Belu, disambut Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K, Wakapolres, KOMPOL Lorensius, S.H., S.I.K serta pejabat utama Polres.

Kegiatan Audit Kinerja Tahap II ini diawali dengan acara tatap muka di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu yang dihadiri Ketua Tim Pelaksana Audit Kinerja dan tim, Kapolres Belu, Wakapolres Belu, para Pejabat Utama Polres, Kapolsek jajaran serta para operator dari Bag, Sat, Seksi dan Polsek jajaran.

Kapolres Belu saat membuka kegiatan pagi tadi pukul 09.00 wita mengucapkan selamat datang kepada tim sekaligus meminta petunjuk, bimbingan dan saran masukan untuk pelaksanaan tugas yang lebih baik kedepannya.

"Kami sebagai Pimpinan mewakli teman-teman di Polres Belu mengucapkan selamat datang kepada Abang Saya dan tim di kabupaten Belu. Tentunya kami mohon maaf bilamana ada salah atau kekurangan selama penyambutan Abang dan Tim mulai dari kemarin sampai dengan berkumpul bersama-sama kami sekarang ini"ungkap Kapolres Belu.

"Pada kesempatan yang baik ini, Kami mohon bimbingan, arahan dan petunjuk dari Abang dan Tim. Kami siap dengan segala petunjuk, bimbingan dan koreksi untuk kemudian kami bisa menjadi lebih baik dan kami sangat berharap bisa memberikan Kami pencerahan dan ilmu sehingga pelaksanaan tugas kedepan semakin baik dan tidak ada satupun yang menjadi kendala didepan"tambah Kapolres Belu.

Sementara Ketua Tim, Kombes Pol F. X. Irwan Arianto, S.I.K., M.H menyampaikan, kedatangan timnya untuk melakukan pembinaan dan pengarahan terkait kinerja yang selama ini telah dilakukan oleh Polres Belu selama tahun 2024 berjalan mulai dari aspek perencaanan, pelaksanaan dan pengendalian khususnya di bidang manajemen operasional, sumber daya manusia (SDM), anggaran keuangan (Garku) dan logisitik.

"Seperti rekan-rekan ketahui dulunya bernama wasrik dan sekarang sudah dirubah menjadi audit kinerja. Dan hari ini merupakan audit kinerja tahap ke II dimana apa yang rekan-rekan sudah lakukan di 2024 ini dimulai dari januari-oktober, itu yang akan kita evaluasi baik input dan outputnya sehingga kita bisa menilai beban kerja di masing-masing fungsi atau sub satker"jelas Ketua Tim.

"Tentu dalam pelaksanaan audit kinerja ini sebelumnya rekan-rekan sudah mengikuti audit kinerja oleh Itwasum dan waktunya tidak terlalu jauh dengan audit hari ini. Kemarin pelaksanaan oleh Itwasum banyak temuan yang sudah kita jawab dan tinggal sekitar 100 temuan. Dari sisa tersebut, akan kami cek sudah ditindak lanjuti atau belum. Mudah-mudahan di Polres Belu sudah ditindak lanjuti"tambahnya.

Masih dalam sambutannya, Ketua Tim mengimbau seluruh anggota Polres Belu agar menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

"Saat ini kita melaksanakan operasi mantap praja. Pesan dari Bapak Kapolda selaku Pimpinan Kita agar kita menjaga betul netralitas. Saya yakin anggota di Polres Belu ini pasti masih ada yang mempunyai hubungan keluarga, saya minta tidak ada yang bermain di belakang meja seperti menyebarkan spanduk dukungan, atribut atau menggunakan sarana kepolisian untuk kepentingan politik"imbau Ketua Tim.

"Tolong pak Kasi Propam bantu Kapolres nya tekankan dan ingatkan anggota terkait netralitas karena ada satu saja yang terlibat yang malu bukan rekan sendiri tapi institusi. Kita berdoa bersama semoga pelaksanaan operasi mantap praja khususnya di Belu bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai dan rekan-rekan selalu diberikan kesehatan, keselamatan selama pelaksanaan tugas"pungkas Ketua Tim.

Usai sambutan dari Ketua Tim, Tim audit kinerja Tahap II berjumlah 5 (lima) orang ini melakukan pengecekan ke Bagian, Satuan fungsi, Seksi dan perwakilan Polsek jajaran sesuai dengan yang termuat dalam kisi-kisi dari Itwasda Polda NTT yang sebelumnya di bagikan untuk dipenuhi/di jawab oleh masing-masing Bag dan Satuan fungsi.

Dalam kunjungan kerjanya di Polres Belu, Ketua Tim, Kombes Pol F. X. Irwan Arianto, S.I.K., M.H. selaku Perwira Pemerika (Parik) bidang Opsnal didampingi IPTU L.Soleman Baddu selaku Parik bidang Logistik, IPTU Fitri Y.Lao, SH selaku Parik Bidang SDM, IPDA Markus Sandro Susanto, SH selaku Parik bidang Garkeu dan BRIGPOL Syafi'i Nur Syammil selaku Operator.