Cuaca Kerap Buruk, Sat Pol Airud Polres Belu Imbau Nelayan Urungkan Niat Melaut

Cuaca Kerap Buruk, Sat Pol Airud Polres Belu Imbau Nelayan Urungkan Niat Melaut

Dalam menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan, Sat Pol Airud Polres Belu rutin menjalankan tugasnya pokoknya yang meliputi patroli perairan, penegakan hukum diperairan, pembinaan masyarakat pantai dan perairan lainnya.

Seperti yang terlihat rabu (9/2/2022) pagi pukul 09.00 wita. Anggota Sat Pol Airud turun menyapa warga yang tinggal di pesisir pantai Dusun Fatukaduak, Desa Jenilu,, Kec. Kakuluk Mesak, Kab. Belu.

Dalam sambangnya kali ini, Anggota Kepolsian memberikan penyuluhan terkait dengan keselamatan dan keamanan para nelayan dalam melakukan aktivitas menangkap ikan.

Anggota Sat Pol Airud mengimbau para nelayan untuk mengurung niatnya untuk melaut mengingat cuaca yang akhir-akhir ini tidak bersahabat.

“Saya minta mereka waspada terhadap keadaan cuaca saat ini. Kalau memang potensi cuaca buruk lebih baik tidak usah melaut demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Kalau turun melautpun pintar-pintar baca situasi dan cukup di perairan yang dekat-dekat karena cuaca akhir-akhir ini tidak menentu" Kata Kasat Pol Airud, AKP Djoni Panta kepada Humas.

"Jangan dipaksakan supaya terjadi apa-apa dilaut. Ingat, rejeki sudah di atur sama Tuhan jadi sayangilah diri Kita dan keluarga kita karena di wilayah-wilayah lain sudah beberapa kali terjadi nelayan hilang saat melaut. Contohnya di alor desember kemarin yang sampai hari ini jasadnya tidak ditemukan ”lanjut Kasat Pol Air.

Selain itu juga, anggota kepolisian juga mengimbau para nelayan agar tidak menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak ataupun bahan kimia lainnya.

“Tangkap ikan, pakailah cara yang benar dan tidak melanggar aturan. Kalau sampe pakai alat peledak maka terumbu karang yang ada di sekitar lokasi peledakan akan rusak dan juga dapat menyebabkan kematian biota lain yang bukan merupakan sasaran penangkapan. Ini yang harus terus Kita tekankan ke mereka (nelayan) “tutup Kasat Pol Air.