Cooling System Jelang Pemilu, Ini yang Dilakukan Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Saat Blusukan ke Pasar Baru

Cooling System Jelang Pemilu, Ini yang Dilakukan Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Saat Blusukan ke Pasar Baru

Guna semakin mendekatkan diri sekaligus mendengar langsung suara warga di wilayah hukumnya, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K didampingi sejumlah pejabat utama Polres dan Srikandi Polwan menyambangi masyarakat di kompleks pasar baru Atambua, selasa (3/10/2023).

Kegiatan cipta kondisi yang dilakukan dengan berjalan kaki ini dilaksanakan di beberapa titik di pasar baru antara lain Pertigaan Polsubsektor Kota, los pasar ikan, los sayur mayur hingga pangkalan ojek di depan pertokoan pasar baru.

Sambil memantau kamtibmas, Kapolres Belu yang juga didampingi Danki Yon A Pelopor Brimob Belu melakukan dialog dengan sejumlah pedagang dan tokoh masyarakat yang ada di kompleks pasar baru.

Sambil berdialog, Kapolres Belu bersama rombongan juga memberikan tali asih berupa Ice Cream kepada para pedagang dan anak-anak yang turut berdagang bersama orangtuanya di Lokasi Pasar baru Atambua.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengatakan kegiatan silaturahmi yang dilakukannya sebagai upaya preemtif (Imbauan) dan preventif (pencegahan) dalam mengeliminir terjadinya potensi konflik sosial jelang Pemilu 2024.

"Hari ini kami melakukan kegiatan cipta kondisi dalam memberikan rasa nyaman kepada masyarakat sekaligus menekan kriminalitas yang terjadi di pasar baru. Langkah ini menindaklanjuti perintah bapak Kapolri tanggal 11 september kemarin untuk seluruh jajaran Polri melaksanakan Operasi Nusantara Cooling System"ungkap Kapolres Belu.

"Jadi Operasi ini untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan mengutamakan tindakan preemtif dan preventif, kami berdialog dengan masyarakat mendengar keluh kesah mereka. Saran masukan yang diberikan sangat penting bagi kami dalam rangka kita menciptakan kamtibmas yang aman dan damai menjelang tahapan inti pemilu yang tinggal beberapa hari lagi"ungkap Kapolres Belu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Belu ini menambahkan, pihaknya menghimbau kepada pedangan serta pengunjung pasar untuk tidak segan melapor ke pihak keamanan jika terjadi ancaman atau ganggauan kamtibmas.

"Tujuan Kehadiran Kita disini untuk memberikan rasa nyaman kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Kita sampaikan ke mereka untuk tidak usah takut berjualan dan berbelanja. Kalau melihat oknum masyarakat yang hendak berbuat kekacauan, agar segera melapor ke kepolisian maupun aparat keamanan lainnya"kata Kapolres Belu.

"Kemudian juga kalau ada yang mabuk-mabuk di kompleks pasar dan melakukan pemalakan, segera lapor supaya segera kami amankan. Dan hasil pantauan kami hari ini serta pengakuan pengunjung pasar maupun pedagang, untuk kondisi pasar baru terpantau aman terkendali " pungkas Kapolres Belu.