Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Belu Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2022

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Belu Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2022

Kepolisian Resor Belu menggelar Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2022, senin (1/8/2022) pukul 09.00 wita.

Kegiatan tersebut di buka oleh Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dalam hal ini diwakili Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH dan di hadiri Kasat Intelkam, Kasat Binmas, Kasat Samapta, Kasubbag Bin Ops, Kasiwas serta Personil yang terlibat dalam operasi Bina Karuna.

Dalam kesempatan tersebut, Kabag Ops menjelaskan, operasi Bina Karuna ini mengedepankan kegiatan preemtif (himbauan) dan preventif (pencegahan), dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Untuk itu, Kabag Ops selaku Karendal Ops meminta seluruh perangkat operasi agar setiap harinya melakukan upaya pencegahan dan imbauan kepada masyarakat dalam mendukung keberhasilan Operasi Bina Karuna.

"Operasi Bina Karuna ini yang dikedepankan fungsi Satuan Binmas jadi diharapkan untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara pencegahan Bencana Alam seperti Kebakaran Hutan dan lahan. Lakukan imbauan terus menerus ke masyarakat selama operasi, dengan membawa spanduk, pamflet maupun brosur imbauan"ungkap Kabag Ops.

"Begitupun juga Samapta dan Intelkam, lakukan pendekatan serta penggalangan ke masyarakat dengan mengimbau agar tidak membuka lahan atau kebun dengan cara membakar. Apalagi sekarang musim kemarau, kita harus antisipasi masyarakat yang akan membuka lahan untuk persiapan menyambut musim penghujan"lanjut Kabag Ops.

Lebih lanjut, Kabag Ops meminta para Kasatgas Operasi untuk mulai dari sekarang membuat rencana kegiatan yang jelas sasaran, target dan juga tindakannya sehingga ada hasilnya.

”Kepada para Kasatgas agar mulai hari ini jalin kordinasi dengan baik. Yang paling penting rencana kegiatan,pelaksanaan dan laporan hasilnya. Sebelum melaksanakan tugas, Para Perwira harus bisa mengarahkan anggota dengan baik agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya” jelas Kabag Ops.

Latihan Pra Operasi ini juga berisi paparan dari para Kasatgas antara lain berturut-turut dari Kasat Intelkam Polres Belu, Kasat Binmas, Kasat Samapta dan juga Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Belu.

Untuk diketahui, dalam rangka mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Polres Belu akan melaksanakan operasi Bina Karuna Turangga selama 14 hari, mulai 2 agustus sampai dengan 15 agustus 2022.