Bentuk Generasi Muda yang Cerdas dan Berkualitas, Polwan Polres Belu Gelar Polwan Goes to School Sambut HUT Polwan ke 74

Bentuk Generasi Muda yang Cerdas dan Berkualitas, Polwan Polres Belu Gelar Polwan Goes to School Sambut HUT Polwan ke 74

Berbagai kegiatan dilakukan para srikandi Polwan Polres Belu dalam Menyambut hari jadi Polwan RI ke 74 tahun 2022.

Setelah sebelumnya menggelar bakti sosial dan bakti kesehatan, Srikandi Polwan pada selasa (9/8/2022) turun memberikan penyuluhan di SMA Taruna Mandiri Fatubenao Atambua.

Kegiatan Polwan Goes To School ini diawali dengan perkenalan diri kepada para pelajar, kemudian disusul pemberian materi kepada para siswa-siswi bertempat di aula sekolah SMA Taruna Mandiri.

Sejumlah materi disampaikan oleh anggota Polwan, diantaranya cerdas dan aman bermedia sosial, penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak, dan tentang lalu lintas.

Dalam kesempatan ini,para srikandi Polwan mengajak kepada para pelajar agar bijak dalam menggunakan media sosial, sebab jika salah penggunaan akan berdampak buruk, sebagaimana yang dimaksud dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE.

"Jadikan media sosial sebagai media silaturahmi dan menambah wawasan atau pengetahuan serta sebagai sarana untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat,” terang BRIPKA Densy Doko saat menjadi Nara sumber dalam kegiatan tersebut.

"Jika adik-adik kurang bijak dalam menggunakan media sosial dampaknya bisa berhadapan dengan hukum dan bisa terjerat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE" tambah anggota yang bertugas di Sat Binmas ini.

Berkaitan dengan edukasi tata tertib berlalu lintas, anggota Sat Lantas, BRIPTU Metriana Nahak yang juga menjadi Nara sumber dalam kegiatan tersebut, mengimbau pelajar untuk lebih mematuhi aturan dan etika berlalu lintas saat berkendaraan di jalan raya.

“Tertib berlalu lintas diantaranya menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kebut-kebutan, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan,memakai helm SNI, dan tidak menggunakan Handphone saat berkendara dan memakai knalpot racing”kata BRIPTU Meti biasa disapa.

“Bagi adik-adik yang belum punya SIM atau belum cukup umur, kami imbau untuk tidak boleh bawa motor sendiri dan kalau kedapatan, sanksinya bisa teguran dan juga penindakan”lanjut BRIPTU Meti.

Imbauan yang tak kalah penting yang disampaikan ke pelajar antara lain mengajak pelajar untuk menjauhi kenakalan remaja seperti Mengkosumsi minuman keras, narkoba, Seks bebas hingga Tawuran antar pelajar yang dewasa ini kerap dilakukan oleh anak sekolah.

Kegiatan Polwan Goes to school pagi tadi pukul 09.00 WITA, ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama para pelajar SMA Taruna Mandiri

Kapolres Belu, AKBP. Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui AKP Filomena Bene Bere,SH selaku Perwira Kordinator (Pakor) Polwan menyampaikan, Polwan Goes to School itu sendiri dilakukan sebagai bentuk semangat para Polwan dalam rangka menyambut Hari Jadinya yang ke-74.

Plt.Kabag Perencanaan Polres Belu ini berharap, dengan dilakukannya kegiatan tersebut dapat membawa manfaat yang positif bagi para generasi muda yang sejalan dengan Tema HUT Polwan tahun ini yakni “Polri Yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh".
 
"Menanamkan disiplin berlalu lintas,bijak menggunakan media sosial serta sosialisasi kenakalan remaja adalah bentuk kepedulian kami dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan berkualitas"ungkap AKP Filomena.

"Sangat disayangkan bila anak-anak muda sebagai aset penting bagi Negara, harus terpengaruh hal-hal negatif yang tentu dapat merugikan diri sendirinya dan orang lain.Harapan kami semoga apa yang kami sampaikan dicerna betul oleh pelajar dan dapat diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari"pungkas mantan Kasat Binmas Polres Belu ini.