Akselerasi Vaksinasi Merdeka Anak, Polres Belu Kolaborasi dengan Bhayangkari Gelar Vaksinasi di SDN Maktitis

Akselerasi Vaksinasi Merdeka Anak, Polres Belu Kolaborasi dengan Bhayangkari Gelar Vaksinasi di SDN Maktitis

Memasuki awal tahun 2022, Kepolisian Resor Belu terus mendukung dan melancarkan program pemerintah khususnya terkait vaksinasi merdeka untuk anak berusia 6 smpai 11 tahun.

Teranyar, Gerai Vaksin Presisi Klinik Pratama Polres Belu berkolaborasi dengan Bhayangkari Cabang Belu dan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Kota Atambua, menggelar serbuan vaksinasi untuk pelajar SDN Maktitis Baukoek, kelurahan Fatubenao, kecamatan Kota Atambua, kabupaten Belu, jumat (4/2/2022).

Kegiatan vaksinasi yang dimulai sejak pagi pukul 08.00 wita, dihadiri Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Lydia Krisbiyanto, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Belu, drg Ansila Muti, Wakapolres Belu, KOMPOL Fajar Virgantara Sjarifuddin, S.I.K, KBO Intelkam serta sejumlah pengurus cabang Bhayangkari Belu.

Dari pantauan Humas dilapangan, puluhan siswa berusia 6-11 tahun yang didampingi masing-masing orangtua atau keluarganya, menjalani tahapan pelaksanaan vaksinasi yang diantaranya pengisian blangko dan pendaftaran, tensi darah serta screening kesehatan dan edukasi vaksinasi covid-19.

Selesai menjalani vaksinasi, para pelajar sekolah dasar ini dipersilahkan untuk beristirahat 30 menit untuk mengantisipasi KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Kapolres Belu didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, tampak memantau pelaksanaan kegiatan Vaksinasi sembari memberikan semangat bagi anak anak yang akan vaksin dan menjelaskan manfaat kegunaan vaksin.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengungkapkan, akselerasi vaksinasi anak ini bertujuan untuk mencapai kekebalan komunal serta mendukung program pemerintah pusat dalam proses pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen

"Pagi hari ini Polres Belu berkolaborasi dengan Bhayangkari dan dinas kesehatan melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Di SDN Makitits ini sendiri ada 67 siswa yang menerima dosis pertama dengan jenis vaksin coronavac "ungkap Kapolres Belu.

"Ini (akselerasi vaksinasi merdeka anak) merupakan langkah kita dalam mendukung program pemerintah dimana sangat penting karena PTM sudah mulai dibuka. Puji Tuhan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi anak di sekolah-sekolah maupun di gerai kami serta puskesmas berjalan dengan aman dan lancar"tambah Kapolres Belu.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Polres Belu ini berharap, dengan digencarnya program vaksinasi merdeka ini, bisa semakin meminimalkan potensi penularan Covid-19, khusus bagi anak-anak di wilayah kabupaten Belu.

"Program vaksinasi anak tentunya mendapat perhatian langsung dari pimpinan, baik itu tingkat pusat sampai tingkat daerah. Dimana setiap minggunya diadakan analisis dan evaluasi secara berkala melalui zoom. Sehingga kami setiap harinya berkolaborasi dengan dinas kesehatan dan juga TNI mengedukasi serta mengawal pelaksanaan vaksinasi anak ini"kata Kapolres Belu.

"Tentu disini kami juga berharap Pihak sekolah maupun orangtua murid juga mendukung program ini yang tentunya sangat bermanfaat dimana dapat memproteksi anak-anak kita dari serangan varian Covid-19, seperti Delta dan Omicron" pungkas Kapolres Belu.