Supervisi ke Polsek Lasiolat, Kapolres Belu Minta Semua Pihak Dukung Polri Sukseskan Pilkada 2020

Supervisi ke Polsek Lasiolat, Kapolres Belu Minta Semua Pihak Dukung Polri Sukseskan Pilkada 2020

Guna melihat secara dekat situasi dan kondisi anggota di lapangan, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dalam tiga minggu terakhir ini melakukan kunjungan kerja ke Polsek jajaran.

Setelah sebelumnya mengunjungi Polsek Tasifeto Barat, Polsek Tasifeto Timur dan Polsubsektor perbatasan, Kapolres Belu, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.dr.Iffi Khairul Saleh serta sejumlah pejabat utama, melanjutkan agenda kerjanya dengan mengunjungi Polsek Lasiolat, senin (28/09/2020).

Kedatangan Kapolres Belu dan rombongan sekitar pukul 13.00 WITA, disambut Tokoh adat dengan memberikan sapaan adat berupa tutur adat Timor sebagaimana layaknya tuan rumah memberikan ucapan selamat kepada tetamunya.

Masih di pintu mapolsek, Kapolres Belu dan istri disambut dengan pengalungan kain adat timor oleh Kapolsek Lasiolat, IPTU Daniel Taek dan istri.

Kunjungan perdana Kapolres Belu dan istri siang tadi, disambut Camat Lasiolat, Danramil 1605 - 08 Haikesak,  Danpos Mahein, Para Kepala Desa Sekecamakan Lasiolat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta seluruh keluarga besar Polsek Lasiolat.

Kegiatan dilanjutkan dengan tatap muka Kapolres Belu bersama para tamu undangan serta keluarga besar Polsek.

Acara tersebut diawali sapaan dari Kapolsek Lasiolat dengan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres Belu dan rombongan yang telah berkunjung ke wilayahnya dalam rangka mengecek situasi wilayah Polsek dan juga anggota yang bertugas.

Kapolsek Lasiolat pada kesempatan ini juga memaparkan secara singkat tentang situasi wilayah hukum Polsek serta ancaman kamtibmas yang sering terjadi.

Usai dibuka Kapolsek Lasiolat, Kapolres Belu memberikan sambutan dengan didahului ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang bersedia hadir memenuhi undangan dari kepolisian dalam hal ini Polsek Lasiolat.

Dalam tatap muka perdana tersebut, Kapolres Belu meminta kerjasama dan dukungan serta partisipasi dari semua pihak dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri khususnya anggota Polsek Lasiolat.

Mantan Kapolres Sumba Barat ini juga mengharapkan masukan dari seluruh stakeholder kecamatan, para tokoh dan juga masyarakat sehingga terciptanya situasi kamtibmas yang aman di Wilayah Hukum Polsek Lasiolat.

"Kita sadari bersama bahwa masalah kamtibmas  tidak bisa dipaksakan oleh satu institusi saja, terlebih kecamatan Lasiolat ini memiliki 3 desa yang berbatasan dengan Timor Leste. Untuk itu, keberadaan bapak ibu sekalian sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri"kata Kapolres Belu.

"Dengan memberikan masukan, saling berkordinasi, kolaborasi, berkomunikasi secara baik sehingga hal-hal yang menjadi potensi gangguan dapat kita minimalisir atau ditiadakan” tambah Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengajak seluruh tamu undangan untuk mendukung tugas kepolisian dalam menjaga dan menciptakan Pilkada 2020 yang aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

"Seperti Kita ketahui, Pilkada kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya dimana Kita sedang menghadapi pandemi covid-19. Oleh karenanya, Saya minta kita semua yang hadir untuk bersama-sama mengawal Pilkada ini supaya berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan"kata Kapolres Belu.

"Pakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan. Kita tidak melarang kegiatan masyarakat selama perhelatan Pilkada ini asal sesuai aturan hukum yang ada dan disiplin jalani 3 M seperti yang Saya sebutkan tadi. Pemilu berjalan baik dan masyarakat tetap sehat"pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam sesi tatap muka, Kapolres Belu menegaskan anggota untuk menjaga netralitas selama Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2020.

"Pilkada saat ini sudah masuk pada tahapan kampanye. Untuk anggota yang masih ada hubungan keluarga atau hubungan dekat dengan para calon, Saya minta Kita jaga netralitas saat pelaksanaan pilkada, jangan terbawa oleh kegiatan pasangan calon tersebut"tegas Kapolres Belu.

"Saya tekankan betul hal ini supaya rekan-rekan pahami, mengerti dan dilaksanakan. Pokoknya tidak boleh ada yang terlibat politik praktis melainkan menampilkan jati diri dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat"pungkas Kapolres Belu. 

Selain melalukan tatap muka, Kapolres Belu juga melakukan pemeriksaan administrasi, bangunan dan inventaris kantor serta menggelar bakti sosial untuk warga kurang mampu.

Bertolak dari Polsek Lasiolat, Kapolres Belu bersama rombongan menikmati Wisata Air Terjun Mauhalek, di Dusun Fatumuti, Desa Raiulun, Kec.Lasiolat, Kab.Belu.

Dalam kunjungannya di Polsek Lasiolat, Kapolres Belu dan istri didampingi Kabag Ren, Kasat Samapta, Kasi Propam, Kasi TI, anggota Humas serta sejumlah pengurus cabang Bhayangkari Belu.