Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat

Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Ketupat

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) selaku penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, berkewajiban menciptakan situasi yang kondusif jelang, selama dan sesudah perayaan Idul Fitri 1443 H. 

Pengamanan Idul Fitri yang ditandai dengan berlakunya Operasi Ketupat Turangga 2022, tentunya diperlukan berbagai kesiapan diantaranya kekuatan personil pengamanan, sarana prasarana, anggaran serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan mitra Kamtibmas lainnya.

Berkaitan dengan Operasi pengamanan Idul Fitri ini sendiri, Kepolisian Resor Belu pada selasa (26/4/2022), melaksanakan Latihan Pra Operasi (lat pra ops) di aula Wira Satya dengan mengusung tema "Melalui Latihan Pra Operasi, Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1443 H".

Lat Pra Ops ini dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang didampingi Wakapolres Belu KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, dan dihadiri para Kabag, Kasat, Perwira Staf serta anggota yang terlibat dalam pelaksanaan operasi.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu mengatakan, dalam pengamanan Idul Fitri nantinya, para personil Polres Belu harus bisa melaksanakan tugasnya secara baik dan jangan menganggap sepele dengan operasi ini.

“Kita ketahui bersama setiap kali operasi Kepolisian dimulai dari lat pra ops. Ini dimaksudkan supaya rekan-rekan mengetahui apa yang harus di kerjakan yang nantinya. Saya minta kepada Kita sekalian supaya operasi ini, jangan dianggap sebagai angin lalu karena semua berpulang pada anggaran yang ada untuk melaksanakan operasi kemanusiaan ini” kata Kapolres Belu.

“Dan perayaan Idul Fitri tahun 2022 ini masih dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu operasi ini tidak hanya berfokus untuk pengamanan lebaran, akan tetapi juga pada penerapan Prokes dan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi, sehingga setelah lebaran tidak terjadi klaster baru atau lonjakan penyebaran Covid-19"tegas Kapolres Belu.

Lat Pra Ops Ketupat ini, juga diisi dengan arahan dari Wakapolres Belu yang meminta para Kasatgas Operasi untuk mulai dari sekarang membuat rencana kegiatan yang jelas sasaran, target dan juga tindakannya sehingga ada hasilnya.

”Kepada para Kasatgas agar mulai hari ini jalin kordinasi dengan baik. Yang paling penting rencana kegiatan,pelaksanaan dan laporan hasilnya. Sebelum melaksanakan tugas, Para Perwira harus bisa mengarahkan anggota dengan baik agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya. Mari Kita semangat melaksanakan tugas ini dalam rangka menciptakan kenyamanan dan suasana kondusif khususnya untuk saudara-saudara kita yang Muslim” harap Wakapolres Belu.

Latihan Pra Operasi ini juga berisi paparan dari para Kasatgas antara lain dari Kasat Intelkam, Kasat Lantas Polres Belu, Kasat Reskrim Polres Belu, Kasat Binmas Polres Belu, Kasat Samapta Polres Belu dan juga Kasatres Narkoba Polres Belu.

Untuk diketahui, dalam pengamanan perayaan Idul Fitri 2022/1443 H, Polres Belu akan melaksanakan operasi ketupat Turangga selama 12 hari, mulai 28 April sampai 9 Mei 2022.