Laporan Kesatuan, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Minta Dukungan Seluruh Anggota dalam Pelaksanaan Tugas

Laporan Kesatuan, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Minta Dukungan Seluruh Anggota dalam Pelaksanaan Tugas

Berkaitan dengan alih tugas Kapolres Belu dari AKBP Cliffry S.Lapian, S.I.K, kepada AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si, Kepolisian Resor Belu melaksanakan serangkaian kegiatan yang salah satunya adalah laporan Kesatuan oleh pejabat lama kepada pejabat baru.

Laporan kesatuan yang digelar jumat (14/8/2020) pukul 08.30 WITA di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu, dimulai dengan perkenalan seluruh Pejabat Polres Belu mulai Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, para Kabag, Kasat, Perwira staf, para Kapolsek serta Kapolsubsektor jajaran.

Pejabat lama AKBP Cliffry dalam laporan kesatuannya pagi tadi, memaparkan secara garis besar Situasi Kamtibmas Polres Belu selama 2020, situasi kesatuan, situasi perbatasan RI-RDTL, sarana prasarana yang dimiliki, anggaran dan kesiapan Pilkada 2020.

Mantan Kapolres Belu mengungkapkan, Wilayah Belu mempunyai 12 kecamatan, 81 desa dan berbatasan langsung dengan darat dan laut dengan negara Timor Leste dengan panjang garis perbatasan darat sepanjang 149,1 KM.

Gangguan kamtibmas yang umum terjadi di wilayah Belu kata AKBP Cliffry adalah kasus penganiayaan, pengeroyokan, KDRT, kejahatan terhadap anak dan pencurian biasa.

Sementara dalam pelaksanaan tugas khususnya dibidang harkamtibmas lanjut AKBP Cliffry, Polres Belu didukung 1 Kompi Brimob Subden 2 Den A, Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL, Kavaleri, Subden POM Atambua serta instansi terkait lainnya.

"Polres Belu mempunyai 7 Polsek dan 15 Polsubsektor terdiri dari 9 pos batas, 4 pos pol dan 1 kp3 laut. Namun ada 6 Polsubsektor yang belum ada bangunan dan sarana prasarana"lanjut mantan Kapolres Belu.

"Dengan keterbatasan anggota dan sarana prasana, Polres Belu tetap maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat dan telah siap melaksanakan pengamanan Pilkada 2020 yang dihelat mulai september s/d desember 2020"pungkas AKBP Cliffry.

Menjawab apa yang sudah disampaikan Pejabat lama, Pejabat Baru Kapolres menyampaikan terima kasih kepada Pejabat yang lama, atas prestasinya memajukan Polres Belu baik dalam hal pembinaan maupun operasional

Dirinya mengajak seluruh anggota Polres Belu agar mampu mempertahankan apa yang sudah dicapai oleh Pejabat lama.

Untuk mempertahankan atau meningkatkan yang sudah ada, Kapolres meminta seluruh anggota agar mendukung tugas-tugas yang akan di embannya sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan maksimal.

“Mendengar Lapsat yang sudah disampaikan Pejabat lama, tentunya ini menjadi masukan bagi saya secara pribadi dan untuk Polres secara umum. Ini akan menjadi pegangan buat Saya dalam menjalankan amanah sebagai Kapolres Belu khususnya dalam mengambil langkah dan kebijakan"Kata Kapores Belu.

"Tentu apa yang sudah dijalankan selama ini, kita tingkatkan serta dipertahankan sehingga menjadi kemajuan di Polres Belu. Saya ingatkan rekan-rekan Perwira, agar bisa memberi contoh kepada anggota,kedisiplinan itu harus menjadi yang utama"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, lulusan AKPOL 2020 dan nota bene rekan seangkatan pejabat lama, AKBP Cliffry ini, mengajak seluruh anggota yang hadir untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19.

"Selain Kita mendukung proses pemulihan ekonomi nasional di tengah wabah covid-19 ini, Saya minta rekan-rekan tetap jaga kesehatan walaupun Belu masih hijau"kata Kapolres Belu.

"Karena Kita juga tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Kalau kondisi Kitasehat dan prima, tentu Kita dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam pelaksanaan pengamanan serangkaian tahapan Pilkada tahun ini"pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sumba Barat, resmi menjadi Kapolres Belu yang ditandai dengan upacara serah terima jabatan di Loby Mapolda NTT, yang dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin, sabtu (8/8/2020).

Sementara AKBP Cliffry Steiny Lapian, S..I.K, yang kurang lebih 8 bulan atau sejak 11 november 2019 lalu menjabat Kapolres Belu, dimutasikan ke Mabes Polri dengan jabatan Kasubbagsunprogar Bagprogar Rojianstra Sops Polri.