Keliling Gereja Saat Misa Kamis Putih, Kapolres Belu Pastikan Semua Pihak Patuhi Protokol Kesehatan

Keliling Gereja Saat Misa Kamis Putih, Kapolres Belu Pastikan Semua Pihak Patuhi Protokol Kesehatan

Di tengah pelaksanaan ibadah misa pertama kamis putih, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Atambua, kabupaten Belu, kamis (1/4/2021).

Sambil patroli sepeda motor,  Kapolres Belu didampingi Kasdim 1605 Belu, Mayor inf. Ery Nono, Wakapolres, KOMPOL Fajar Virgantara Syarifuddin,S.I.K, serta sejumlah pejabat utama Polres, ingin memantau situasi keamanan di gereja-gereja sekaligus memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.

Adapun gereja-gereja yang pagi tadi disambangi tim patroli gabungan Polres Belu dan Kodim 1605 Belu antara lain gereja Katedral, gereja Polycarpus, gereja Paroki St. Agustinus Fatubenao, gereja St.Petrus Tukuneno Lolowa dan gereja Kuneru Atambua.

Dari pantauan pagi tadi pukul 09.30 wita, kebaktian ibadah Kamis Putih di gereja-gereja Katolik berlangsung cukup kondusif di tengah pengamanan ekstra ketat anggota Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Sat Pol PP, Dishub, OMK serta mitra kamtibmas lainnya.

Termasuk dalam hal ketaatan terhadap protokol kesehatan, dimana umat yang hadir menggunakan masker, tersedianya tempat cuci tangan di halaman gereja dan kursi jemaah juga di atur jaraknya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengapresiasi pihak gereja yang telah mempersiapkan perayaan Paskah tahun ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Alhamdulillah sudah berjalan bagus, semuanya sudah disiapkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti yang sudah disampaikan saat rakor di Polres kemarin, Pihak Gereja membatasi jemaah yang hadir, jarak jemaah di gereja ditata dengan baik, dan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan sudah disiapkan” kata Kapolres Belu kepada awak media.

"Umat yang datang juga semuanya memakai masker, mencuci tangan setelah ibadah dan tidak berkerumun saat bergerak pulang kerumah. Mudah-mudahan seperti ini dipatuhi dan dilaksanakan sampai dengan perayaan minggu Paskah"pungkas Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang melaksanakan ibadah Paskah, senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan tidak perlu khawatir dalam mengikuti ibadah selama pekan suci paskah.

Orang nomor satu di Polres Belu ini mengatakan pihaknya didukung TNI, Brimob dan mitra kamtibmas lainnya, akan melakukan pengamanan secara ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang bertujuan menjamin keamanan untuk umat yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

"Kami imbau masyarakat tidak perlu panik, tetap beraktivitas seperti biasa saja karena menyikapi adanya kejadian teror bom kemarin dan gangguan kamtibmas lainnya, Kami sudah melakukan deteksi dini, meningkatkan patroli, mempertebal pengamanan di gereja dan obyek vital lainnya"kata Kapolres Belu.

"Jadi, kepada pihak gereja dan seluruh masyarakat, kami minta tetap menjaga protokol kesehatan demi mencegah penularan covid-19, kemudian kami harap juga tetap waspada untuk menjaga keamanan ketertiban. Kalau ada melihat orang asing yang dicurigai, segera lapor ke aparat keamanan" himbaunya.

Selain menyisir gereja-gereja, Kapolres Belu bersama rombongan juga memantau situasi keamanan di wilayah kota Atambua lainnya diantaranya kompleks pasar lama, pasar baru dan obyek vital dalam kota.

Sejumlah pejabat utama yang turut mendampingi Kapolres Belu dalam patroli gabungan kali ini antara lain Kabag Sumda, KOMPOL Alfons Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Binmas, AKP Sutrisno Tulakoy, Kasubbag Dal Ops, IPTU Nurdin Tahir, Kasi Propam, IPDA Mahrim, SH dan KBO Samapta, IPDA Asep Ruspendi.