Jelang Masa Akhir Kampanye, Polres Belu Terima Kunjungan Tim Was Ops Mantap Praja Itwasum Polri

Jelang Masa Akhir Kampanye, Polres Belu Terima Kunjungan Tim Was Ops Mantap Praja Itwasum Polri

Dalam rangka pengawasan Operasi Mantap Praja tahun 2020, Tim Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Mabes Polri, melakukan kunjungan kerja ke Markas Kepolisian Resor Belu, kamis (3/12/2020).

Kunjungan Irbid Jemen Ops Itwasum Polri ini dipimpin Kombes Pol Budi Widjanarko,S.H, M.H, yang didampingi Kombes Pol Drs. Untung Sudarto dan Kombes Pol Eko Trisnanto.

Kedatangan Tim itwasum Polri sekitar pukul 09.00 WITA, disambut langsung Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si beserta para pejabat utama, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam kunjungan perdananya di Belu, Tim itwasum Polri melakukan tatap muka dan pendalaman untuk dua Polres yakni Polres Belu dan Polres Malaka.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim sekaligus menyampaian tahapan manajemen yang sudah dilaksanakan dan kegiatan dari satgas operasi Mantap Praja Polres Belu serta hasil yang dicapai selama pengamanan di beberapa tahapan Pilkada.

“Rangkaian pengamanan tahapan pilkada mulai dari tahap awal hingga memasuki akhir kampanye yang tinggal 3 hari lagi, sudah dilakukan sesuai dengan rencana operasi dan Alhamdulillah sampai saat ini berjalan kondusif dan sehat dari covid-19 sesuai dinamika kondisi saat ini"kata Kapolres Belu.

"Dan untuk tahapan Pilkada berikutnya, sudah Kita siapkan skema pengamanan dan disini Kita akan didukung oleh rekan-rekan dari Kodim, BKO Brimob dan BKO Polres Kupang. Tentunya, Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar di sisa tahapan Pilkada ini dapat berjalan sukses dan damai"pungkas Kapolres Belu.

Sementara Ketua Tim, Kombes Pol Budi Widjanarko,S.H, M.H dalam sambutannya, berharap pelaksanaan Pilkada tahun 2020 sampai dengan pelantikan nantinya, dapat berjalan dengan baik meski diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19.

Ia juga mengingatkan pada jajaran Polres Belu dan Malaka, agar melakukan antisipasi dini terkait sengketa Pilkada, termasuk menjaga netralitas sebagai prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh anggota Polri.

"Saya mendapat informasi di Malaka situasi cukup rawan namun kita berdoa agar pelaksanaan kedepan, tidak terjadi permasalahan lagi. Saya minta kepada intel dan babin agar memberikan info sekecil apapun kepada Kapolres sehingga bapak Kapolres dapat mengambil keputusan" kata Ketua Tim.

"Kemudian, dalam pelaksanaan tugas, rekan-rekan wajib pedomani semua aturan yang ada baik berupa telegram dan maklumat terkait perilaku netralitas Polri dalam Pilkada dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. seluruh anggota agar tegak lurus, tidak boleh berpihak kepada salah satu calon walaupun itu keluarga kita sendiri." ujarnya.

Usai tatap muka,Tim Was Ops Itwasum Polri melakukan pendalaman materi sekaligus memeriksa setiap pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2020 yang telah dilaksanakan oleh Polres Belu dan Malaka.

Pada kesempatan itu, tim memuji kesiapan dan kelengkapan data serta pertanggungjawaban kegiatan yang sudah terorganisir meski ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk lebih memaksimalkan hasil tugas.

Kegiatan tatap muka dan pendalaman dihadiri Kapolres Belu, Kapolres Malaka, Wakapolres Belu, Kabag Ops Polres Belu dan Malaka, pejabat utama Polres Belu, Kasi Keu Polres Belu dan Malaka serta perangkat operasi Mantap Praja Polres Belu.