Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Pesan Kanit Kamsel Lantas Polres Belu untuk Pelajar SMKN 3 Atambua

Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Pesan Kanit Kamsel Lantas Polres Belu untuk Pelajar SMKN 3 Atambua

Pengenalan atau penyuluhan tentang keselamatan dan budaya tertib berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini kepada pelajar, sebab ke depan mereka itulah bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk semua pengguna jalan. 

Berbicara soal penyuluhan, Satuan Lalu Lintas melalui program Polisi sahabat anak, Police Goes To School dan Police Goes To Campus, telah rutin turun ke sejumlah PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi yang ada di Atambua, mengajak mereka (pelajar/mahasiswa) untuk tertib berlalu lintas.

Teranyar, Kanit Kamsel Sat Lantas, IPDA Yoseph F.M Loo  didampingi anggotanya, turun mengkampanyekan tertib berlalu lintas, dengan sasaran pelajar SMKN 3 Atambua yang berlokasi di depan Jabal Mart, kelurahan Tulamalae, Atambua, selasa (30/07/2024).

Sambil berdiri di depan kelas, Kanit Kamsel mengimbau pelajar untuk lebih mematuhi aturan dan etika berlalu lintas saat berkendaraan di jalan raya.

Etika berlalu lintas yang dimaksud disini terang Kanit adalah tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan Undang-undang dan peraturan-peraturan lalu lintas serta norma-norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.

“Saya himbau mereka kalau naik motor harus pakai helm, tidak boleh kebut-kebutan dan boncengan tiga. Kalau yang belum cukup umur tidak boleh bawa motor sendiri dan yang cukup umur pun kalau bawa motor wajib miliki SIM”kata Kanit  Kamsel kepada Humas.

"Imbauan yang tidak kalah pentingnya Saya sampaikan adalah mereka (pelajar) harus selalu memperhatikan keselamatan saat berkendara dengan tidak menggunakan handphone, tidak boleh berkendara saat dalam kondisi tidak fit atau dalam pengaruh alkohol, karena kecelakaan bermula dari perilaku-perilaku tersebut”lanjut Kanit Kamsel.

Melalui sosialisasi tersebut, Kanit Kamsel berharap pelajar dapat memahami aturan-aturan lalu lintas dan pentingnya tata tertib berkendara. Apalagi, sebagian besar kecelakaan di jalan raya bermula dari pelanggaran lalu lintas.

Selain mengajak pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, Kanit Kamsel bersama anggota juga membagikan brosur keselamatan berlalu lintas kepada siswa siswi yang hadir mengikuti sosialiasi yang dilaksanakan pada pukul 09.00 wita ini.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan dukungan yang positif dari Kepala Sekolah dan para guru yang secara terbuka mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan serupa maupun dalam kemasan lain, akan terus digalakkan agar siswa/i mereka dapat menyadari betapa pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. 

Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K melalui Kasat Lantas, IPTU Marthen Luther Petterson, SH mengungkapkan, sosialisasi dijalankan guna memberikan contoh positif kepada para pelajar sehingga mereka terinspirasi dan termotivasi serta terjalin hubungan yang sinergis antara Polri dengan masyarakat khususnya para pelajar.

“Ini sudah jadi agenda rutin dimana setiap minggunya, Kita dari kepolisian turun memberikan penyuluhan kepada pelajar tentunya dengan lokasi (sekolah) yang berbeda,, baik dari tingkat SD hingga SMA. Kita ingin merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan daripada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi"ungkap Kasat Lantas.

"Selain itu, Kita juga ingin menjauhkan mereka dengan hal-hal menyimpang, tentunya tidak saja soal berlalul lintas tapi juga pesan kamtibmas lainnya yang Kita sampaikan sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berkualitas" pungkas mantan Kasat Lantas Polres TTU ini.