Awali Operasi, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Turun ke Pasar Baru Imbau Masyarakat Jauhi Penyakit Masyarakat

Awali Operasi, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Turun ke Pasar Baru Imbau Masyarakat Jauhi Penyakit Masyarakat

Dalam rangka penanggulangan kenakalan remaja dan kejahatan premanisme khususnya di wilayah kabupaten Belu, Polres Belu dan jajarannya, selama 14 hari kedepan menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi "Bina Kusuma Turangga 2023".

Di hari pertama operasi Bina Kusuma, selasa (23/5/2023), anggota yang terlibat dalam operasi kewilayahan tersebut turun memberikan penyuluhan kepada masyarakat di seputaran kota Atambua tepatnya di wilayah pasar baru, Kelurahan Beirafu, Kecamatan Atambua Barat.

Turun membawa spanduk imbauan, anggota satgas operasi dipimpin Kasubbag Kerma, AKP Mikhael Mali dan Kasat Binmas, IPTU Gregorius P.Settu, mengajak kalangan remaja hingga orangtua yang ditemuinya, untuk membantu kepolisian dalam memberantas penyakit masyarakat dengan tidak mengkosumsi minuman keras (miras), judi, kenakalan remaja, narkoba dan juga premanisme.

Caranya lanjut Kapus Data Operasi Bina Kusuma ini adalah dengan menjauhi kenakalan remaja dan segala bentuk premanisme serta memberikan informasi kepada kepolisian bilamana ada masyarakat yang terbukti melakukan tindakan yang melawan hukum.

"Masyarakat masih banyak yang belum sadar, melakukan perbuatan yang sebenarnya merugikan dirinya seperti judi, mabuk-mabukan, pemalakan, kebut-kebutan, hingga penyalahgunaan narkob. “Untuk itu, Kita mengajak mereka untuk menjauhi segala bentuk penyakit masyarakat agar kehidupan kita nyaman dan tidak membuat susah diri sendiri dan juga orang lain” Kata Kasubbag Kerma.

"Disini juga Kami minta kerja sama masyarakat agar tidak takut melapor kalau ada masyarakat yang berjudi, miras ataupun melakukan tindakan premanisme seperti pemalakan/pungli dan juga pencurian. Karena kalau didiamkan sama saja Kita membiarkan penyakit masyarakat itu berkembang di tengah masyarakat ”pungkas Kasubbag Kerma.

Imbauan yang disampaikan Satgas Binluh Bina Kusuma ini, ditanggapi positif oleh masyarakat yang berjanji akan membantu kepolisian dan juga menyampaikan ke sanak keluarganya agar menjauhi segala bentuk penyakit masyarakat.

Untuk diketahui,operasi Bina Kusuma Turangga 2023 ini dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 23 mei s/d 5 juni 2023.

Operasi ini bertujuan mencegah, meminimalisir dan menanggulangi terjadinya kenakalan remaja dan kejahatan premanisme (mabuk – mabukan, geng motor, jambret, dll) sehingga tercipta sitkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Belu.