Setelah Pengamanan Putusan MK, Polres Belu Kembali Turun Penuh Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih

Setelah Pengamanan Putusan MK, Polres Belu Kembali Turun Penuh Amankan Rapat Pleno Penetapan Paslon Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, hari ini, Senin (22/3), melakukan pleno penetapan pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih hasil Pilkada 2020.

Guna menjamin keamanan dan kelancaran tahapan terakhir Pilkada tersebut, Kepolisian Resor Belu dan jajaran turun penuh melaksanakan pengamanan yang ditandai dengan apel siaga yang digelar di halaman Mapolres pagi tadi pukul 07.30 wita.

Dalam arahannya pagi tadi, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si menekankan anggota yang terlibat pengamanan, agar melaksanakan tugas sungguh-sungguh di tahapan terakhir pilkada 2020 ini, sehingga dapat berjalan dengan kondusif.

"Apel pagi ini kita rangkai dengan apel kesiapan dalam rangka pengamanan Rapat Pleno penetapan Bupati terpilih yang dilakukan oleh KPU. Perlu diketahui rekan-rekan, Tahapan Pilkada sudah final tinggal terakhir ini, selanjutnya menjadi tanggung jawab DPRD dan Pemerintah Kabupaten Belu untuk (Mengusulkan) proses pelantikannya yang pastinya di laksanakan di kupang" kata Kapolres Belu.

"Maka dari itu, saya meminta kepada rekan rekan agar melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya dengan semaksimal mungkin karena rangkaian tahapan Pilkada ini cukup panjang dan kita bersyukur kemarin pengamanan putusan sengketa Pilkada, juga berjalan dengan baik. Dan semua ini juga karena sinergitas yang baik kepolisian dengan rekan-rekan TNI dan instansi terkait lainnya, yang mengawal dan mengamankan sehingga semuanya berjalan dengan konsusif"tambah Kapolres Belu.

Dalam pelaksanaan pengamanan nantinya, mantan Kapolres Sumba Barat ini menekankan para Perwira dan anggota, untuk bertindak secara preventif dan preemtif dengan mengedepankan SOP yang ada.

"Abis apel ini, silahkan pak Kabag Ops untuk memfloting titik-titik yang perlu di amankan. Silahkan rekan-rekan laksanakan sesuai maping dan fokus utama kIta yakni hotel matahari tempat berlangsung pleno, kemudian kantor KPU dan juga Bawaslu" kata Kapolres Belu.

"Supaya tidak mengganggu mobilitas, khusus area hotel matahari, tidak boleh ada kendaraan masuk kecuali kendaraan petugas agar terjadi sesuatu bisa di gerakkan. Begitupun masyarakat tidak boleh sembarangan masuk kecuali tamu undangan. Yang lain siaga di Mako untuk melaksanakan patroli. Kita jangan underestimate, laksanakan tugas sesuai SOP dan setiap saat laporkan perkembangan, khususnya mereka yang bertugas dilapangan"pungkas Kapolres Belu.

Apel siaga ini dihadiri Wakapolres Belu,KOMPOL Fajar Virgantara Syarifuddin, S.I.K para Kabag, Kasat, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Danki Brimob kompi 3 Batalion A pelopor Belu, Perwira Staf serta personil pengamanan rapat pleno penetapan paslon terplih Pilkada 2020 yang terdiri dari personil gabungan Polres, Kodim 1605 Belu dan Brimob Subden 3 Den A Pelopor Belu.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain di dalam dan diluar Ballroom hotel Matahari, ruas jalan Ade Irma Suryani depan hotel Matahari, persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua, serta kantor KPU dan Bawaslu.