Persiapan Pilkada 2024, Puluhan Personel Polres Belu Seminggu Penuh Gelar Latihan Pengendalian Massa, Simak Videonya

Persiapan Pilkada 2024, Puluhan Personel Polres Belu Seminggu Penuh Gelar Latihan Pengendalian Massa, Simak Videonya

Guna persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Belu, puluhan sebanyak 90 personel Polres Belu melakukan latihan pengendalian massa (Dalmas).

Latihan yang dilaksanakan pagi dan sore di lapangan Mapolres Belu, melibatkan 90 personel gabungan dari seluruh satuan fungsi dan Polsek di jajaran Polres Belu.

Dari pantauan Humas dari hari pertama hingga hari ke 5 latihan, sabtu (27/07/2024), Kegiatan ini menghadirkan instruktur dari Sat Samapta yang memberikan materi serta praktek langsung mengenai teknik-teknik pengendalian massa.

Latihan digelar dengan mempergunakan perlengkapan Penanganan Huru Hara (PHH), termasuk penggunaan kendaraan bermotor dan senjata laras panjang.

Dalam pelaksanaan latihan tersebut, anggota kepolisian tampak memperagakan gerakan dasar pengendalian massa lengkap dengan tameng, dan tongkat Polri kemudian memperagakan formasi Dalmas awal, hingga Dalmas lanjut serta memukul pukul massa menggunakan water canon serta gas air mata dan peluru karet.

Pelaksanaan latihan ini diawasi langsung oleh Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arif, S.I.K yang memastikan bahwa seluruh personel mengikuti pelatihan dengan serius dan disiplin.

Kapolres Belu mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan personel dapat lebih siap dan profesional dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste ini.

“Dari Maping yang kita lakukan, belum ada hal – hal yang krusial dan masih kondusif, namun kondisi ini jangan dianggap remeh. Kita harus tetap menyiapkan diri sehingga kita benar-benar siap mental dan fisik bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama"ungkap Kapolres Belu.

“Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan kita gelar selama 6 hari pagi dan sore.Saya imbau anggota supaya ikuti perintah dari Pelatih atau instruktur dengan baik, kemudian perhatikan faktor keamanan Personel maupun Materil baik sebelum, selama dan setelah latihan. Mudah-mudahan dengan latihan ini, setiap personel pengamanan benar-benar siap dan mampu menjalankan tugasnya sesuai prosedur yang ada untuk mengamankan jalanya Pilkada serentak nanti"tambahnya.