Lestarikan Lingkungan, Polres Belu Bareng TNI di Tapal Batas RI-RDTL Tanam Ratusan Kelapa Hibrida di Daerah Aliran Sungai

Lestarikan Lingkungan, Polres Belu Bareng TNI di Tapal Batas RI-RDTL Tanam Ratusan Kelapa Hibrida di Daerah Aliran Sungai

Kepolisian Resor Belu melalui Pos Pam Builalu Polsek Lamaknen melakukan gerakan penghijauan di Daerah Aliran Sungai ( DAS ) sungai Malibaka, dusun Dilagusun, desa Lamaksenelu, Kecamatan Lamaknen, kabupaten Belu.

Gerakan penanaman 600 anakan kelapa Hibrida di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, senin (28/11/2022) pagi tadi juga diikuti Danpos Brimob Perbatasan Builalu dan Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yon RK 744/SYB pos Builalu,

Penanaman kelapa Hibrida bantuan dari Dinas pertanian Kabupaten Belu untuk 2 kelompok tani di desa Lamaksanulu juga diikuti Perangkat Desa Lamaksanulu PPL Desa Lamaksanulu, Kelompok Tani Desa Lamaksanulu dan warga setempat.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kapolsek Lamaknen, IPDA Yesaya Lantorin mengatakan, Program Penanaman Kelapa Hibrida sebagai upaya melestarikan alam dan mencegah terjadinya tanah longsor di daerah aliran sungai.

"Dipilihnya DAS ini untuk penanaman dikarenakan di lokasi ini hanya sedikit terdapat pohon untuk menahan air. Bila lingkungan tidak dapat terpelihara dan terjaga dengan baik, maka air hujan yang turun tidak dapat tertahan dan terserap ke dalam tanah. Air akan terus mengalir dan terjadilah tanah longsor akibat abrasi dan bencana alam lainnya"ungkap Kapolsek Lamaknen.

"Salah satu obatnya adalah bagaimana kita kembali melestarikan, mengamankan sumber air kita melalui penanaman pohon seperti yang dilakukan hari ini. Dan ini (penanaman) akan terus dilakukan Kita selama musim hujan dengan lokasi yang berbeda, dengan harapan dia (tanaman) akan cepat subur"lanjut Kapolsek Lamaknen.

Kapolsek Lamaknen juga berharap, masyarakat setempat mau menjaga sehingga tanaman bisa tumbuh subur.

"Kalau tumbuh bagus dan besar tentu akan membawa manfaat banyak untuk anak cucu. Dan juga bencana alam seperti longsor dapat dicegah dan dengan sendirinya kelestarian alam dan sumber air dapat terjaga"tutup Kapolsek.