Jamin Situasi Kondusif, Kapolres Belu Pimpin Patroli Skala Besar di Hari H Putusan Sengketa Pilkada

Jamin Situasi Kondusif, Kapolres Belu Pimpin Patroli Skala Besar di Hari H Putusan Sengketa Pilkada

Kepolisian Resor Belu dan jajaran terus berupaya menciptakan suasana aman dan tertib di tengah jalannya sidang putusan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Belu di Mahkamah Konstitusi (MK) RI, kamis (18/3/2021).

Usai memimpin apel gabungan pagi tadi pukul 08.00 wita, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si , memimpin anggotanya menggelar patroli sepeda motor di wilayah kota Atambua.

Mengambil titik star di Mako Polres, rombongan patroli yang terdiri dari anggota Polres, Kodim 1605 Belu dan Brimob kompi 3 Batalyon A pelopor Belu,bergerak menyisir wilayah kota Atambua dengan melintasi kawasan perkantoran, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, kantor penyelenggara Pemilu hingga rumah pemenangan dari dua paslon Bupati, paket Sahabat dan Sehati.

Dalam patroli skala besar tersebut, Kapolres Belu dan anggota gabungan TNI Polri, juga meninjau kantor KPUD Belu sekaligus menyaksikan secara live sidang putusan sengketa Pilkada Belu di Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengatakan, patroli dialogis tersebut di gelar sebagai langkah cipta kondisi dalam memberikan jaminan rasa aman serta memastikan situasi Atambua dan sekitarnya dalam keadaan kondusif saat dan sesudah putusan sengketa Pilkada.

"Saat vicon 2 hari lalu kemarin, bapak Kapolda NTT memerintahkan jajaran untuk bersinergi dan melaksanakan patroli bersama skala besar, baik sebelum, saat dan sesudah putusan MK. Hari ini Kita gelar patroli berskala besar dan di Polsek jajaranpun demkian, bersama rekan-rekan TNI melaksanakan patroli dialogis"kata Kapolres Belu.

"Dan sejauh ini situasi masih kondusif, tidak ada pergerakan massa atau konvoi dari massa pendukung dari kedua paslon. Terlepas dari itu, Kita dan jajaran tetap meningkatkan kewaspadaan dengan terus melakukan deteksi dini, serta mengimbau masyarakat melalui sambang dan patroli dialogis seperti ini, agar tidak melakukan kerumunan ataupun euforia di tengah pandemi ini"pungkas Kapolres Belu.

Sejumlah Perwira yang turut mendampingi Kapolres Belu dalam patroli tersebut antara lain Kabag Ops Polres Belu, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kasat Lantas Polres Belu,  Danki Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu serta Kasat Samapta Polres Belu.

Untuk diketahui, Sebanyak 472 personil pengamanan diturunkan guna mengamankan putusan sengketa Pilkada Belu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pengamanan dilakukan 350 personil Polres Belu dan jajaran, yang didukung 1 peleton personil Kodim 1605 Belu, 1 peleton Brimob kompi 3 Batalion A pelopor Belu, 1 peleton BKO Polda NTT dari Polres TTU serta 1 peleton Sat Pol PP Belu.

Ratusan personil tersebut, ditempatkan di beberapa titik pengamanan antara lain di kantor KPUD Belu, kantor Bawaslu Belu, gudang logistik KPUD Belu serta di ruas jalan dari dan menuju kota Atambua

Selain itu juga, personil juga dikerahkan untuk mendeteksi pergerakan massa dan melakukan patroli secara rutin sebelum, saat dan sesudah putusan sidang MK sengketa Pilkada Belu.