Bantu Masyarakat Dapatkan Hak Pilih di Pemilu 2024, Polres Belu Turun ke Kampung-kampung Antar Jemput Masyarakat untuk Perekaman E-KTP

Bantu Masyarakat Dapatkan Hak Pilih di Pemilu 2024, Polres Belu Turun ke Kampung-kampung Antar Jemput Masyarakat untuk Perekaman E-KTP

Kepolisian Resor Belu dan jajarannya mendukung penuh kelancaran proses pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Selain memberikan pengamanan secara maksimal di setiap tahapan pemilu, salah satu bentuk dukungan dari Polri kepada pemerintah adalah dengan memfasilitasi masyarakat kabupaten Belu dalam proses perekaman E-KTP.

Dengan mengerahkan kendaraan dinas Polri, personel Polres Belu dan Polsek jajaran sejak senin kemarin hingga kamis (01/02/2024) mengantar jemput masyarakat untuk melakukan proses perekaman E-kTP yang berlangsung di kantor kecamatannya masing-masing.

Bermodalkan data dari dinas Dukcapil, anggota kepolisian turun ke desa dan sekolah-sekolah menjemput masyarakat dari pelajar hingga orangtua yang telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Bahkan seorang warga penyandang disabilitas di kecamatan Raihat yang ingin memberikan suaranya di Pemilu 2024, dijemput oleh anggota kepolisian yang kemudian menuju kantor kecamatan Raihat untuk proses perekaman E-KTP.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengatakan terobosan tersebut sebagai bentuk support atau dukungan dari Polri kepada pemerintah dalam hal ini Dukcapil kaitan dengan percepatan perekaman E-KTP sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 tanggal 14 februari 2024.

"Langkah atau terobosan yang kami lakukan ini berangkat dari hasil kordinasi Kami dengan Dukcapil dimana kendala mereka dalam proses perekaman E-KTP yakni personel mereka yang terbatas dan masyarakat yang tinggal jauh dari kantor kecamatan. Berangkat dari itu, Saya cepat-cepat bersurat ke Bupati agar para camat, lurah dan kepala desa, untuk kita bekerjasama menyelesaikan permasalahan tersebut dan sangat disayangkan masyarakat yang sudah terdaftar sebagai DPT, tidak mendapatkan hak suaranya karena tidak memiliki E-KTP"lanjutnya.

"Solusi yang utama adalah yang kita lakukan ini dengan memfasilitasi masyarakat, mengantar dan menjemput mereka untuk perekaman E-KTP di kantor kecamatan. Sesuai dengan jadwal dari Dukcapil, hari ini sudah masuk hari ke 4 kita turun ke sekolah dan ke desa-desa. Berturut-turut dari kecamatan Tastim senin kemarin, Raimanuk kemudian kemarin Raihat dan hari ini di kecamatan Tasbar. Kita gunakan 2 unit Mobil Dalmas dan Pick Up patroli Polsek untuk membantu masyarakat yang desanya jauh dari kantor kecamatan"lanjut Kapolres Belu.

Personel Polsek Raihat saat membantu seorang warga penyandang disablitias untuk melakukan perekaman E-KTP di kantor kecamatan Raihat, rabu (31/01/2024)