Rakor Forkompinda, Kapolres Belu: Polri Bersama Inskait Jamin Keamanan Masyarakat Perbatasan saat Perayaan Paskah

Rakor Forkompinda, Kapolres Belu: Polri Bersama Inskait Jamin Keamanan Masyarakat Perbatasan saat Perayaan Paskah

Berkaitan dengan operasi Kepolisian Semana Santa Ranaka 2021, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si memastikan, aparat kepolisian bersama stake holder lainnya menjamin keamanan dari keberlangsungan perayaan Pekan Suci Paskah tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Belu saat mengadiri Rapat  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Plus di aula kantor Bupati Belu, selasa (30/3/2021).

Dalam rapat yang dipimpin Penjabat Bupati Belu Zakarias Moruk ini, Kapolres Belu menjelaskan, pasca kejadian bom bunuh diri di Makasar, pihaknya telah melakukan langkah-langkah peningkatan pengamanan, baik melakukan langkah deteksi dini, imbauan maupun patroli rutin di wilayah hukum Polres Belu.

Pengamanan di seluruh Gereja-gereja pun kata Kapolres, akan dilakukan secara ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang bertujuan menjamin keamanan untuk umat yang akan melaksanakan ibadah Paskah.

"Berangkat dari kejadian bom bunuh diri di Makassar kemarin, Saya sudah perintahkan seluruh jajaran untuk meningkatkan keamanan lagi dengan deteksi dini, imbauan, dan patroli. Yang pasti akan lebih banyak personel yang dilibatkan dalam pengamanan di setiap gereja, baik dari Kepolisian sendiri kemudian di dukung rekan-rekan dari TNI, Dishub, Sat Pol PP, Senkom, mitra kamtibmas lainnya serta anak muda Gereja"jelas Kapolres Belu.

"Pos Pengamanan di Gereja besar sudah Kita bangun yakni di Katedral dan Polycarpus, disini kami minta dukungan rekan-rekan dari TNI dan Pol PPP,  agar bisa bergabung dalam melaksanakan pengamanan di dua Posko tersebut. Kemudian untuk Sterilisasi di dalam dan luar Gereja akan lebih intensif Kita lakukan selama pekan suci Paskah. Kita akan betul-betul all out agar masyarakat kita di perbatasan dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan lancar"pungkas Kapolres Belu.

Sementara Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY, Mayor Inf. Bayu Sigit Dwi Untoro menyampaikan, pihaknya siap mendukung Pemda dan Polri dalam melaksanakan kegiatan pengamanan di gereja-gereja yang ada wilayah perbatasan.

"Untuk kegiatan ibadah di gereja-gereja, kami siap mendukung dalam hal pengamanan Paskah maupun ibadah mingguan dengan menerjunkan anggota kami yang bertugas pos-pos perbatasan di wilayahnya masing-masing," kata Dansatgas Pamtas RI-RDTL.

Rapat Forkompinda Plus yang digelar dari pukul 13.00 wita hingga sore hari ini, juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Belu, Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Dandim 1605 Belu diwakili Kasdim, Danyon RK 744/ SYB, PLT.Sekertaris Daerah dan Kepala Bakesbangpol.