Jelang Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Gelar Rakor Lintas Sektoral Ops Lilin 2020

Jelang Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Gelar Rakor Lintas Sektoral Ops Lilin 2020

Menjelang dilaksanakannya operasi Lilin Turangga 2020, Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, jumat (18/12/2020).

Saat membuka kegiatan siang tadi pukul 13.30 wita, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M,Si..mengatakan, tujuan rapat digelar untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan dalam perayaan Natal dan menyongsong tahun baru.

"Ini (rapat) sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi, mengingat operasi tahun ini kita tidak saja mengedepankan keselamatan, tapi juga kesehatan dengan adanya covid-19"kata Kapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya ops lilin yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya"lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, Kapolres Belu mengatakan, sasaran dalam operasi ini bukan saja tempat atau rumah ibadah, tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas sebelum dan sesudah perayaan Natal dan tahun baru 2021.

Untuk itu diharapkan, semua stakeholder yang terlibat dapat bersinergi dan berkolaborasi secara baik, sehingga tujuan daripada operasi lilin ini dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Selain pengamanan Gereja, ada beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian Kita di libur panjang ini seperti pelabuhan, tempat wisata dan juga pusat perbelanjaan. Yang tentunya aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari kita semua dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas dan penyebaran covid-19"kata Kapolres Belu.

"Nantinya kita akan tingkatkan patroli dan pertebal pengamanan di tempat-tempat tersebut. Kalau temukan balap liar, main petasan saat orang ibadah, menggelar pesta, berkerumun dan mabuk-mabukan di jalan, Kita bubarkan dan berikan pembinaan. Kalau ada yang bawa senjata tajam, Kita amankan dan proses. Kita tentunya tidak mau perayaan Natal dan tahun baru ini, terganggu oleh hal-hal tersebut"pungkas Kapolres Belu.

Usai dibuka Kapolres Belu, kegiatan rapat lintas sektoral yang digelar di aula Wira Satya,,dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH serta sesi tanya jawab.

Rapat lintas sektoral operasi Lilin Turangga 2020 ini, dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu, para tokoh Agama serta pejabat dari instansi Vertikal kabupaten Belu.

Operasi Lilin Turangga 2020 sendiri segera akan dilaksanakan selama 15 (lima belas) hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 s/d 04 Januari 2021, yang mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, dengan aman dan jauh dari penularan covid-19.