Hari Terakhir Pleno, Kapolres Belu Pantau Pengamanan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di Dua PPK

Hari Terakhir Pleno, Kapolres Belu Pantau Pengamanan Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di Dua PPK

Kepolisian Resor Belu bersama Polsek jajaran, selama tiga hari berturut-turut melaksanakan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara Pemilihan Kepala Daerah kabupaten Belu tahun 2020 tingkat PPK (kecamatan).

Sejak sabtu kemarin hingga hari ini senin (14/12/2020), anggota kepolisian yang juga didukung BKO Subden 2 Pelopor Belu dan BKO Polres Kupang, berjibaku melaksanakan pengamanan di 12 PPK (kecamatan) sekabupaten Belu.

Dan dihari terakhir ini, anggota Polres Belu turun melaksanakan pengamanan pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di PPK kecamatan Atambua Kota,  Atambua Barat dan kecamatan Nanaet Duabesi.

Guna memastikan kesiapan anggota di lokasi pengamanan, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si pada siang hingga sore tadi, turun mengecek sekaligus memantau situasi kamtibmas di kecamatan Atambua dan Kota dan Atambua Barat.

Dalam kunjungan di sela patroli dialogisnya, Kapolres Belu mengimbau personil pengamanan untuk tetap semangat dan selalu waspada dari segala kemungkinan yang terjadi.

"Hari ini, hari terakhir pleno. Saya minta anggota, semangatnya jangan kendor. Tetap fokus dan selain yang berkompeten, anggota Saya minta untuk tidak menginjinkan masyarakat masuk ke dalam ruangan pleno"kata Kapolres Belu.

"Dan Saya minta, setiap saat melaporkan situasi. Kalau ada peningkatan massa dari dua paslon, segera laporkan sehingga Kita bisa pertebal personil untuk menghalau massa pulang kerumah. Karena kalau ngumpul-ngumpul begitu, dapat memicu gangguan kamtibmas"lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam kunjungannya di dua PPK, mantan Kapolres Sumba Barat ini mengimbau sejumlah warga yang hadir menyimak jalannya pleno, untuk mendukung penuh pihak keamanan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif hingga penetapan hasil oleh KPUD Belu.

"Masyarakat Kita imbau supaya tetap tenang sambil menunggu pleno KPU. Tidak boleh ada yang terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang di luar"kata Kapolres Belu.

"Kalau memang merasa keberatan, tinggal ditempuh melalui jalur hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Itu yang saya tekankan ke masyarakat supaya mereka paham dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain"pungkas Kapolres Belu.

Sejumlah Perwira dan anggota yang mendampingi Kapolres Belu antara lain Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Lantas, AKP Ruliyanto Junaedi Putera Pahroen, S.Sos, S.I.K, Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH serta Danki BKO Brimob Nusantara dan anggota.