Hari Keempat Ops Patuh 2022, Sat Lantas Gandeng Polsek Tasbar Gelar Razia Kendaraan di Pasar Mingguan

Hari Keempat Ops Patuh 2022, Sat Lantas Gandeng Polsek Tasbar Gelar Razia Kendaraan di Pasar Mingguan

Sejak dimulainya operasi Patuh Turangga 2022 senin (13/6/2022) kemarin, Personil Polres Belu rutin turun ke jalan menertibkan kendaraan sekaligus memberikan imbauan tertib berlalu lintas kepada pengendara.

Di hari keempat Ops Patuh, kamis (17/6/2022), personil gabungan ops Patuh bersama Polsek Tasifeto Barat, menggelar razia kendaraan di wilayah Halilulik, desa Naitimu, kecamatan Tasifeto Barat, kabupaten Belu.

Puluhan kendaraan baik roda dua hingga roda enam yang melintas di jalur bundaran Halilulik hingga pasar mingguan Halilulik, di hentikan aparat gabungan yang dipimpin Kanit Reg Ident Sat Lantas, IPDA Muhammad Aris, SH dan Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim.

Meski cuaca panas, anggota kepolisian yang juga diback up personil UPTD Samsat Atambua, dengan sopan dan ramah memeriksa surat-surat kendaraan sekaligus mengecek kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK, plat nomor, kaca spion hingga lampu sein.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kasat Lantas,  IPTU Brian Wicaksono, S.T.K., S.I.K mengungkapkan, operasi Patuh kali ini mengedepankan tindakan  preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Salah satu tujuan daripada operasi ini adalah untuk menjadikan pengendara yang lebih mentaati aturan berlalu lintas. Dan Hari ini kita gelar di Halilulik karena setiap pasar, selalu ramai dengan aktivitas kendaraan yang tentu berpotensi pada kecelakaan lalu lintas dan maraknya pelanggaran"ungkap Kasat Lantas.

"Terbukti tadi masih ada pengendara yang tidak pakai helm, tidak mengantongi SIM dan kendaraaan bermuatan lebih atau over load. Terhadap pelanggaran tersebut, kita lakukan penindakan dengan cara humanis berupa teguran agar kedepan lebih taat lagi dalam berlalu lintas"tambah Kasat Lantas.

Masih terkait ops Patuh ini, Kasat Lantas Polres Belu mengatakan, pihaknya akan rutin menggelar razia kendaraan baik pagi, siang atau sore hari dengan tempat yang berbeda, baik di kota maupun di wilayah pedesaan.

"Tujuannya agar masyarakat dapat tertib berlalu lintas seperti memakai helm SNI, mentaati rambu lalu lintas, pakai sabuk pengaman dan lainnya berkaitan dengan keselamatan dalam berlalu lintas"terang Kasat Lantas.

"Selain razia, petugas kita dilapangan juga terus memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang aturan-aturan berlalu lintas dengan mengambil lokasi yang berbeda-beda. Harapan kita meskipun dalam kondisi pandemi covid-19, masyarakat tetap sehat dan memperhatikan kelengkapan kendaraan serta keselamatan saat berkendara"pungkas Kasat Lantas.

Untuk diketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak di seluruh indonesia, menggelar operasi Patuh selama 14 hari, yang dimulai dari senin tanggal 13 juni 2022 sampai dengan 26 juni 2022.

Operasi yang digelar serentak di seluruh Polda jajaran ini, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.