Sosialisasi Kamtibmas di SMAN 4 Atambua, Sat Binmas Polres Belu Sebut Peran Aktif Orangtua Ampuh Cegah Kenakalan Remaja

Sosialisasi Kamtibmas di SMAN 4 Atambua, Sat Binmas Polres Belu Sebut Peran Aktif Orangtua Ampuh Cegah Kenakalan Remaja

Kepolisian Resor Belu melalui Satuan fungsi Binmas, menggelar penyuluhan kamtibmas di sekolah tepatnya di SMA Negeri 4 Atambua, kelurahan Umanen, kecamatan Atambua Barat, kabupaten Belu, selasa (21/3/2023).

Kegiatan penyuluhan tersebut dipimpin Kaur Bin Ops Sat Binmas, IPDA Gaspar Manit dengan melibatkan personel Sat Binmas dan Bhabinkamtbmas kelurahan Umanen.

Kedatangan KBO Sat Binmas dan anggota sekitar pukul 09.00 wita disambut hangat Kepala Sekolah SMAN 4 Atambua serta para orangtua murid yang juga hadir mengikuti sosialiasi akreditiasi sekolah tersebut.

Dalam sosialiasi kamtibmas tersebut, KBO Sat Binmas mengajak para orangtua murid untuk bisa berperan aktif dalam upaya menangkal kenakalan remaja ataupun kejahatan jalanan.

Menurutnya berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, para pelaku kejahatan jalanan saat ini rata-rata masih usia sekolah atau remaja.

"Seperti yang kita ketahui bersama, baik lewat tayangan TV maupun pemberitaan di media sosial, banyak anak-anak kita yang masih duduk dibangku sekolah, terjerumus dalam kenakalan remaja seperti tawuran antar sekolah, mabuk-mabukkan, kasus asusila bahkan menggunakan narkoba"ungkap KBO Binmas.

"Sehingga peranan orangtua dan keluarga sangat vital untuk bisa membimbing anak-anaknya untuk menangkal hal-hal demikian. Kepedulian orangtua dan figur orangtua harus bisa menjadi tauladan yang baik bagi anak-anaknya. Awasi anak-anak kita, periksa HP nya dan kontrol pergaulannya"tambah KBO Binmas.

Lebih lanjut, KBO Binmas mengatakan, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi fenomena kejahatan jalanan, di antaranya melalui ruang pendidikan keluarga dimana orangtua harus memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak remajanya.

"Kemudian orangtua juga harus mengetahui kegiatan anak remajanya di luar rumah. Dengan mengetahui kegiatan di luar rumah orangtua bisa melakukan kontrol secara berkala terhadap anak remajanya, jangan sampai anak-anak kita jadi korban ataupun pelaku kejahatan jalanan"jelas KBO Binmas.

"Selain itu, orangtua juga perlu memiliki komunikasi yang baik dengan pihak sekolah, sehingga perilaku anak-anak kita di sekolah dapat terkontrol secara baik oleh kita orangtua. Kalaupun ada masalah, dapat dikomunikasikan dengan baik oleh kepala sekolah ataupun dewan guru"tambah KBO Binmas.

Masih dalam sosialisasinya, IPDA Gaspar mengajak para orangtua yang hadir, untuk mewaspadai kasus pencurian yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Belu.

“Belakangan ini Kita (Kepolisian) sering menerima pengaduan tentang pencurian dan dalam sebulan terakhir ini Polres Belu berhasil menangkap pelaku pencurian sapi dan barang berharga yang ada di dalam rumah. Ini membuktikan bahwa kasus pencurian masih terjadi sehingga hal ini patut diwaspadai oleh masyarakat” ungkap KBO Binmas.

“Jadi Saya minta bapak Ibu pada saat jam istirahat malam. jangan lupa periksa baik-baik pintu jendela rumahnya. Jangan lupa selalu masukkan sepeda motornya dalam rumah atau pada garasi yang tertutup. Begitupun hewan ternak, sebaiknya dimasukan kedalam kandang dan dikunci atau diikat. Dan pesan kami, bilamana terjadi kasus menonjol, tolong jangan main hakim sendiri tapi segera melapor ke kantor Polisi atau bisa lewat Bhabinkamtibmas dan Babinsa sehingga masalah yan terjadi dapat segera di atasi "pungkas KBO Binmas.