Pisah Sambut, AKBP Richo N.D Simanjuntak Ucap Terima Kasih dan Bangga Bisa Mengabdi yang Terbaik untuk Masyarakat

Pisah Sambut, AKBP Richo N.D Simanjuntak Ucap Terima Kasih dan Bangga Bisa Mengabdi yang Terbaik untuk Masyarakat

Kepolisian Resor Belu pada kamis (18/07/2024) malam, menggelar acara malam pisah sambut Kapolres Belu dari AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K kepada AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K.

Acara yang digelar di lapangan apel Mapolres Belu, dihadiri Wakil Bupati Belu, unsur Forkopimda Plus kabupaten Belu, Ketua DPRD Belu serta keluarga besar Polres Belu dan Pengurus Cabang Bhayangkari Belu.

Hadir juga ratusan undangan dari Instansi Pemerintah, TNI, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, BUMN, mitra kerja, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Insan Pers.

Pejabat lama AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang didampingi istri Ny. Vonny Richo Simanjuntak menuturkan, selama 1 tahun 3 bulan menjabat Kapolres Belu, banyak pengalaman maupun suka duka dirasakan olehnya khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Pertama kali saya datang kesini saya banyak melihat situasi kota Atambua dan pelosok-pelosok. Dari situ timbul tekad saya bahwa kehadiran saya disini harus bisa merubah, mengabdi yang terbaik. Saya mulai masuk ke kampung-kampung untuk melihat keadaan masyarakat"ungkap AKBP Richo.

"Kalau saya datang hanya datang berpangku tangan saya merasa tidak pas. Saya harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat, tidak ada niatan apa-apa karena saya hanyalah orang biasa. Hanya sebuah pengabdian karena kalau saya memberikan contoh yang baik, saya harap rekan-rekan di Polres Belu bisa menjadi contoh yang baik pula untuk masyarakat"tambah AKBP Richo.

Lebih lanjut, AKBP Richo mengatakan, dengan program unggulannya yakni jumat curhat, dirinya rajin turun di tengah masyarakat untuk mendengar keluhan atau keluh kesah warga seputar gangguan kamtibmas maupun permasalahan yang dialami masyarakat.

Dengan aktifnya turun ke masyarakat, dirinya berhasil menuntaskan persoalan dan keluh kesah yang dialami masyarakat antara lain menghadirkan sumur bor, solar cell, listrik hingga perbaikan jalan untuk masyarakat

"Sedikit cerita saya datang ke beberapa lokasi salah satunya di dusun Korbau.Saya datang kesana jam 12 malam, pingin merasakan langsung bagaimana situasi yag ada di masyarakat yang tidak ada listrik. Itu sama seperti kita menutup mata, berjalan dalam kegelapan, kesan itu saya akan bawa kemanapun saya berdinas"tutur AKBP Richo.

"Begitupun membantu pengeboran air bersih dan juga berusaha semaksimal mungkin memberikan air bersih kepada masyarakat, jalan pertanian.Tidak ada niatan apa-apa karena saya hanyalah orang biasa tapi memberikan luar biasa untuk masyarakat kabupaten Belu dan Polres Belu tempat saya mengabdi"lanjut AKBP Richo yang disambut tepuk tangan seluruh undangan.

Menutup sambutannya, AKBP Richo menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik sengaja maupun tidak disengaja apabila ada salah maupun khilaf serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya beserta keluarga selama menjabat sebagai Kapolres Belu.

Dirinya juga tak lupa meminta doa restu kepada semua pihak baik yang hadir pada malam acara pisah sambut maupun yang berhalangan hadir agar dirinya beserta keluarga selalu dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa di tempat tugas yang baru sebagai Kasubagren Bagrenmin Korbinmas Baharkam Polri.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah daerah, unsur Forkompinda plus termasuk tokoh agama dan stake holder lainnya, karena selama kami bertugas sebagai Kapolres Belu, selalu bersinergi secara baik dan telah banyak membantu sehingga secara umum situasi terjaga kondusif hingga saat ini”kata AKBP Richo.

"Kalau Saya dan istri ada salah, tingkah laku, tutur kata saya minta dimaafkan, jangan disimpan, dan besok kami akan berangkat ke kupang dan saya menuju ke jakartaHarapan Kami tentunya dengan Kapolres Belu yang baru, sinergitas yang ada terus terjaga, terus menjadi bagus karena sinergitas yang Kita bangun disini artinya untuk kepentingan bersama, khususnya untuk masyarakat Belu. Besar harapan, kita akan bertemu di penugasan berikutnya"pungkas AKBP Richo.

Sementara Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada AKBP Richo dalam kebersamaan kurang lebih 1 tahun 3 bulan, meninggalkan kesan dan jejak pelayanan yang sangat luar biasa untuk masyarakat kabupaten Belu.

"Seorang pemimpin harus menggunakan hatinya dengan bersih untuk melayani sesama. Dan itu sudah dibuktikan AKBP RIcho selama menjabat sebagai Kapolres Belu telah meninggalkan kesan dan jejak pelayanan yang sangat luar biasa. Ketika pemerintah dalam kesulitan dan keterbatasan peayanan berbagai sisi, disitu hadir saudara-saudara Saya dari Polri, TNI yang hadir memberikan pelayanan"ungkap Wakil Bupati.

"Itu menunjukan adanya kolaborasi dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat menuju Belu Sehat, Berkarakter dan Kompetitif. Sekali lagi terima kasih atas nama pemerintah dan masyarakat, mengucupkan terima kasih setinggi-tingginya yang sudah mengabdi di kabupaten Belu"tambahnya.

Wakil Bupati Belu juga mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru kepada AKBP Richo seraya berdoa semoga AKBP Richo beserta keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kesuksesan di tempat tugas yang baru.

"selamat jalan AKBP Richo dan keluarga. Selamat bertugas dan kami masyarakat kabupaten belu tentu senantitasa berdoa agar kesuksesan selalu menyertai di tempat tugas yang baru. Permohonan maaf yang setulus-tulus dari pemerintah dan masyarakat atas segala kekurangan, kelalaian baik perbuatan maupun tutur kata"tutur Wakil Bupati.

"Harapan kami, tinggalkan yang buruk-buruk, bawalah yang baik-baik saja di tempat tuas yang baru. Kami percaya bahwa AKBP Richo adalah titipan orang Belu yang mengabdikan diri di Mabes Polri"pungkas Wakil Bupati yang disambut tepuk tangan seluruh undangan.

Pada acara pisah sambut ini, mantan Kapolres Belu dan istri menerima banyak cendera mata antara lain dari Wakil Bupati Belu, Forkopimda Plus Belu, Ketua DPRD Belu, SKPD Belu, jajaran TNI, Pimpinan instansi Vertikal, Wakapolres Belu, Perwira Polres Belu dan Brimob serta Bhayangkari.