Sentuh Dua Polres Perbatasan, Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian Pemanfaaan Media Sosial di Polres Belu

Sentuh Dua Polres Perbatasan, Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian Pemanfaaan Media Sosial di Polres Belu

TIm penelitian dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri dipimpin Kombes Pol, Dicky Sondani, S.I.K., M.H pada selasa (14/11/2023) pagi tiba di Mapolres Belu.

Kedatangan Ketua Tim Supervisi beserta rombongan pagi tadi pukul 09.00 wita, di sambut hangat Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP serta para pejabat utama Polres.

Dalam kunjungan perdananya di Belu, Tim STIK Lemdiklat Polri melakukan tatap muka dan pendalaman untuk dua Polres perbatasan yakni Polres Belu dan Polres Malaka yang dihadiri para Perwira dari 2 Polres serta perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda dari kabupaten Belu dan Malaka.

Kegiatan penelitian dengan judul pemanfaatan media sosial sebagai Sarana Penguatan Partisipasi Pubtik di Ruang Siber pada Era Masyarakat 5.0 guna Pemantapan Pemeliharaan Kamtibmas, diawali dengan acara tatap muka di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu.

Kapolres Belu dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu saat membuka kegiatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada Tim Lemdiklat Polri serta meminta seluruh Perwira dan anggota yang hadir untuk menyimak secara baik apa yang nantinya disampaikan oleh Tim serta memberikan jawaban atau usul saran yang nyata adanya demi terwujudnya penggunaan media sosial yang baik untuk anggota Polri itu sendiri.

"Kami secara pribadi dan keluarga besar Polres Belu dan Polres Malaka mengucapkan selamat datang Tim STIK di Rai Belu ini. Kami berterima kasih karena pada pagi hari ini berkenan hadir di tengah-tengah Kami untuk bertatap muka sekaligus memberikan edukasi tentang pemanfaatan media sosial untuk Kami personel Polres Belu dan Malaka serta masyarakat"kata Wakapolres Belu.

"Dengan momentum yang baik ini, kami minta rekan-rekan yang hadir di aula ini betul-betul menyimak, mencatat apa yang disampaikan oleh Tim peneliti dan memberikan jawaban yang real adanya sesuai dengan tujuan penelitian hari ini. Sehingga jawaban ataupun usul saran yang disampaikan rekan-rekan maupun tamu undangan yang hadir, dapat menjadi bahan masukan yang baik dalam penggunaan media sosial secara baik demi mendukung tugas-tugas Polri kedepan"tambah Wakapolres Belu.

Ketua TIm STIK Lemdiklat Polri saat memberikan sambutan di Mapolres Belu

Sementara Ketua Tim STIK Lemdiklat Polri, Kombes Pol, Dicky Sondani dalam sambutannya mengungkapkan tujuan kedatangan timnya untuk melakukan penelitian terkait pemanfaatan media sosial di ruang siber bagi masyarakat untuk kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Untuk diketahui kami membuat penelitian di seluruh Indonesia. Kita tahu bersama jaman makin modern tentunya anggota Polri dan juga masyarakat sehari-harinya memanfaatkan media sosila sebagai sarana komunikasi dan lain-lain. Kami ingin melihat bagaimana terkait pemanfaatan media sosial di ruang siber bagi masyarakat untuk kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Karena kami ini adalah lembaga pendidikan, maka dengan adanya pendidikan ini nanti ini akan menjadi suatu kajian apakah media sosial ini betul-betul efektif dan diterima oleh masyarakat ataukah belum optimal, Jadi Setelah ini kami akan bagi 2 kelompok internal dan eksternal dimana internal kita lakukan pendalaman terhadap anggota Polres Belu dan Malaka sementara eksternal kita libatkan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda yang hadir pada kesempatan ini"pungkas Kombes Pol, Dicky Sondani.

Usai pemberian cendera mata dari Ketua Tim Supervisi kepada Wakapolres Belu dan Kabag SDM Polres Malaka,kegiatan dilanjutkan dengan wawancara atau FGD.

Kegiatan diskusi untuk Internal (Polri) yang diikuti personel Polres Belu dan Malaka dilaksanakan di aula Wira Satya Polres Belu sementara diskusi eksternal yang diikuti perwakilan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan akademisi dari kabupaten Belu dan Malaka, dilaksanakan di ruang vicon Polres Belu.

Dalam penetiliannya di Polres Belu, Kombes Pol, Dicky Sondani, S.I.K., M.H didampingi Kombes Pol.Kurnianto Purwoko, S.H., Pembina TK I Dr. Supardi Hamid, M.Si, Pembina TK I Dr. Benyamin Lufpi, S.S., M.Hum dan pembina TK I Dr. Emayatmi, S. Pd.

Ketua Tim STIK Lemdiklat Polri memberikan cendera mata untuk Polres Belu yang diterima oleh Wakapolres Belu