Samakan Persepsi dan Cara Bertindak, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Pekat Turangga 2020

Samakan Persepsi dan Cara Bertindak, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi Pekat Turangga 2020

Dalam rangka cipta kondisi kamtibmas menjelang perayaan hari Raya Natal 2020 dan tahun baru 2021, Kepolisian Resor Belu menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat).

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Polres Belu menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang berlangsung di aula Wira Satya lantai 2, jumat (27/11/2020).

Latihan Pra Ops Pekat yang disedianya di gelar selama 2 hari, mengusung tema “Melalui kegiatan Lat pra Ops, Kita tingkatan kemampuan Personil dalam rangka cipta kondisi kamtibmas menjelang pelaksanaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021”.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H,,S.I.K.,M.Si melalui Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau mengatakan, lat pra ops bertujuan untuk menyamakan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, Kabag Sumda yang didampingi Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, mengimbau semua Kasatgas dan anggota yang terlibat dalam operasi, serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

“Saya minta rekan-rekan serius dalam latihan ini. Para instruktur yang memberikan paparan, agar betul-betul menyampaikan target, sasaran, cara bertindak sehingga anggota mengerti apa tugasnya dan bertanggung jawab pada siapa” kata Kabag Sumda.

"Kalau rekan-rekan memahami dengan benar, maka dapat bertindak sesuai dengan sasaran maupun target operasi. Dan juga antara fungsi harus berkoordinasi secara baik agar tidak terjadi miss komunikasi"pungkas Kabag Sumda.

Sementara Kabag Ops, AKP Nengah menambahkan, dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak underestimed dengan kondisi wilayah yang diangap aman namun tetap mempedomani petunjuk / pedoman cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi pekat.

"Jangan Kita anggap remeh atau underestimed dengan situasi seperti tahun-tahun kemarin karena setiap saat situasi wilayah dan karakter masyarakat pasti tidak sama. Takutnya ketemu hal yang baru, rekan-rekan bingung mau berbuat apa"ungkap Kabag Ops.

"Kemudian setiap selesai kegiatan, harus dilakukan apel konsolidasi. Gunanya untuk mengecek kembali personil dan kelengkapan yang dibawa saat melaksanakan giat dilapangan, termasuk mengkaji kembali kendala yang ditemui di lapangan"tambah Kabag Ops.

Lebih lanjut, Kabag Ops mengajak personil yang terlibat dalam operasi pekat, untuk selalu bertindak humanis serta mempedomani protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Tentu dalam pelaksanaan operasi, rekan-rekan langsung bertemu dengan masyarakat. Sikap dan tutur kata Kita tolong dijaga. Jangan sampai Kita kasarin dan sakiti orang yang tidak bersalah"kata Kabag Ops.

"Kemudian juga, perhatikan protokol kesehatan dengan selalu pakai Masker, jaga jarak dan kantongi hand sanitiser. Tolong rekan-rekan pahami itu sehingga apa yang menjadi target dan sasaran, dapat tercapai dengan baik"tambah Kabag Ops.

Latihan pra operasi ini juga diisi dengan paparan dari para Kasatgas antara lain dari Kasat intelkam, AKP Petrus Wangge, Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH dan Kasat Binmas, IPTU Filomena Bene Bere, SH.

Kegiatan lat pra ops mulai pukul 09.30 WITA, juga diikuti sejumlah Perwira Staf dan Brigadir yang terlibat dalam operasi Pekat Turangga 2020.

Untuk diketahui, Operasi Pekat ini digelar untuk menanggulangi penyakit masyarakat (pekat) seperti perjudian, prostitusi, minuman keras, kejahatan jalanan dan lainnya guna mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif, menjelang Natal 2020 dan tahun baru 2021.