Lestari Alamku Lestari Negeriku, Polres Belu Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon Sambut Hari Bhayangkara ke 78

Lestari Alamku Lestari Negeriku, Polres Belu Gelar Aksi Tanam Ratusan Pohon Sambut Hari Bhayangkara ke 78

Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 78, Polres Belu menanam ratusan anakan pohon di kompleks kantor, asrama dan pinggir sungai atau kali, kamis (27/06/2024).

Kegiatan menanam pohon secara serentak, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas SImanjuntak, S.I.K yang di wakili Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP dan diikuti sejumlah pejabat utama, Perwira Staf, Brigadir serta ASN Polri Polres Belu.

Turun mengenakan pakaian PDL dengan ikat kepala merah putih, Wakapolres Belu turun ke pinggir kali Talau, menanam ratusan anakan pohon berbagai jenis diantaranya anakan pohon Mangga, Mahoni, jeruk, jambu, nangka, mahoni hingga Anakan pohon angsono.

Kapolres Belu melalui Wakapolres Belu mengatakan, selain menyambut hari Bhayangkara, aksi peduli lingkungan ini merupakan wujud dari program Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini, dengan aksi menanam pohon serentak di seluruh Polres se-Indonesia.

Ditambahkan Wakapolres Belu, upaya 'Polri Peduli Penghijauan' ini merupakan salah satu antisipasi meminimalisir dampak bencana banjir dan longsor.

"Sesuai dengan gagasan atau ide bapak Kapolri, hari ini Polri secara serentak melaksanakan aksi penanaman pohon. Penanaman ini Kita lakukan sebagai upaya menghijaukan lingkungan dan mencegah berbagai bencana alam yang timbul, dampak dari pemanasan global, seperti angin kencang dan juga banjir yang sekarang ini banyak terjadi di daerah-daerah di Indonesia"kata Wakapolres Belu.

Lebih lanjut, Wakapolres berharap anggota mau menjaga dengan baik, agar anakan pohon yang ditanam bisa tumbuh subur sehingga dapat membawa manfaat untuk anak cucu di masa mendatang.

“Saya imbau anggota dan juga keluarganya, agar tidak dibiarkan begitu saja tanamannya setelah ditanam, tapi dirawat dan dijaga pertumbuhannya"kata Wakapolres Belu.

"Kalau tumbuh subur, banyak manfaat akan Kita petik. Selain sebagai penyuplai oksigen, tanaman ini dapat melindungi Kita dari bahaya banjir, apalagi Polres ini dekat sekali dengan Kali yang kabarnya sering terjadi banjir kalau intensitas hujannya tinggi"pungkas mantan Wakapolres Sikka ini.

Usai aksi penanaman pohon, Wakapolres Belu bersama sejumlah pejabat utama mengikuti zoom meeting Baksos serta penanaman pohon, Ketahanan Pangan dan pemberian beasiswa.