Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Belu Bersama Muspika Tanam 35 Ribu Bibit Tomat Lahurus di Kebun Binaan Anggota Polsek Lasiolat

Dukung Ketahanan Pangan, Kapolres Belu Bersama Muspika Tanam 35 Ribu Bibit Tomat Lahurus di Kebun Binaan Anggota Polsek Lasiolat

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K bersama jajaran Muspika kecamatan Lasiolat, melakukan penanaman perdana bibit tomat Lahurus di Kebun Tani Binaan, Desa Fatulotu, kecamatan Lasiolat, kabupaten Belu, selasa (21/2/2023).

Penanaman secara simbolis bibit tomat lahurus di kebun binaan anggota Polsek Lasiolat, Bripka Nasrul Ikhwan Ninong turut dihadiri Camat Lasiolat, Fabianus Seran, Kapolsek Lasiolat, IPDA Agus Haryono, SH beserta anggota, Danramil Raihat 1605 Belu serta Pater Paroki Lahurus.

Hadir juga dalam kegiatan pagi tadi pukul 09.00 wita antara lain, Danpos TNI AD Mahein Penjabat Desa Fatulotu, Ama Nai Lasiolat, Ketua Panwascam Lasiolat, Kapala Sekolah SMK Gabriel Manek,SVD Lasiolat, petani binaan, warga desa Fatulotu serta insan pers.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengapresiasi terobosan yang dilakukan anggota Polsek Lasiolat, Bripka Nasrul yang telah memberikan inspirasi tersendiri bagi warga masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di tengah resesi yang terjadi di berbagai negara di dunia.

"Saya selalu pimpinan Polres Belu sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh Personil kami, Bripka Nasrul yang hadir ditengah-tengah masyarakat, mengolah lahan tidur menjadi produktif dengan menanam tomat dan juga cabe"kata Kapolres Belu.

"Sebelumnya ini sudah dilakukan oleh rekan Kita Bripka Nasrul bersama petani binaannya dan hari ini ditanam lagi sebanyak 35 ribu bibit tomat dimana hal tesebut membantu ketahanan pangan khususnya di kecamatan Lasiolat. Ini sesuai dengan harapan Presiden kita, bapak Jokowi bahwa kita harus meningkatkan ketahanan pangan di daerah masing-masing"lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya pagi tadi, orang nomor satu di Polres Belu ini berharap kegiatan penanaman tersebut, masyarakat lebih termotivasi untuk berkebun secara serius dan tekun agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga.

"Mudah - mudahan dengan terobosan seperti ini menjadi contoh bagi petani lainnya khususnya di kecamatan Lasiolat untuk memanfaatkan lahan kosongnya dengan berkebun tomat karena tomat lahurus ini tidak tumbuh didaerah lain sehingga memiliki nilai jual yang sangat bagus. Dan dari informasi yang saya terima, tomat lasiolat sudah bisa pesiar sampe ke kabupaten lain, seperti di TTU, TTS hingga kabupaten Alor"ungkap Kapolres Belu.

"Kalau kita betul-betul tekun dan serius mengolah tanaman ini, tentu saja hasilnya bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi juga memperbaiki perekonomian keluarga"tambah Kapolres Belu.

Untuk diketahui, Bripka Nasrul Ikhwan Ninong yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Samapta Polsek Lasiolat, sebelumnya diganjar penghargaan oleh Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K atas prestasinya di bidang pertanian dengan mengelola lahan tidur milik masyarakat di desa Maneikun, kecamatan Lasiolat, kabupaten Belu.

Di luar tanggungjawabnya sebagai anggota Polri, Bripka Nasrul  bersama warga petani di desa Maneikun, bekerjasama memanfaatkan lahan tidur yang diolah menjadi kebun tomat khas daerah Lasiolat.

Kali ini di awal tahun 2023, Bripka Nasrul bersama kelompok tani binaannya, kembali menanam 35 ribu bibit tanaman tomat beserta komoditi lain seperti lombok dan jenis sayur mayur.