Buka Gerai Vaksinasi di Malam Hari, Kapolres Belu Apresiasi Animo Masyarakat Ikut Vaksin Cukup Tinggi

Buka Gerai Vaksinasi di Malam Hari, Kapolres Belu Apresiasi Animo Masyarakat Ikut Vaksin Cukup Tinggi

Sebagai upaya mendongkrak pencapaian herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan dengan negara Timor Leste, Polres Belu melakukan terobosan baru dengan menggelar vaksin in the night atau vaksin di malam hari untuk masyarakat, sabtu (9/10/2021).

Sejak pukul 18.00 wita, masyarakat dari berbagai kelompok, memenuhi gerai Vaksin Presisi Polres Belu yang dilaksanakan di lapangan basket, area lapangan umum Atambua.

Sesuai prosedur yang sudah ditetapkan, sebelum melaksanakan vaksin Covid-19, peserta atau masyarakat yang datang harus melalui tahapan pendataan atau pengisian blangko terlebih dahulu yang sudah di sediakan oleh petugas kilinik Pratama.

Selanjutnya dilakukan tensi darah terlebih dahulu serta observasi kesehatan bagi peserta yang dilayani tenaga medis klikik Pratama.

Kegiatan yang digelar perdana pada malam hari ini, dipantau langsung oleh Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang didampingi Wakapolres, KOMPOL Fajar V.Sjarifuddin, S.I.K, para pejabat utama serta Kapolsek jajaran.

Kepada awak media yang turun meliput, Kapolres Belu mengatakan, pelayanan vaksin malam hari ini, digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya pada jam kerja, yaitu pagi hingga sore.

Dirinya menambahkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya menyediakan dua jenis vaksin yakni Sinovac dan Astrazeneca untuk tahap I dan II, yang dikhususkan untuk anak usia 12-17 tahun dan dewasa.

"Kita melihat bahwa mulai dari hari Senin s/d Jumat, rata-rata masyarakat sibuk bekerja baik itu di kantor maupun di kebun. Begitu juga dengan adik-adik pelajar antara 12 s/d 17 tahun mereka masih bersekolah," jelas Kapolres Belu.

"Jadi, kita mengambil kegiatan ini pada saat malam hari mengingat seluruh warga masyarakat memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk mengikuti vaksin. Hal ini bisa dilihat dari antusiasme masyarakat yang datang untuk mengikuti vaksinasi sangat luar biasa. Baru di buka setengah jam, sudah 130 orang yang mendaftar" tambah Kapolres Belu. 

Masih kaitan percepatan herd immunity, Kapolres Belu mengatakan pihaknya akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi gratis yang bertujuan membantu pemerintah dalam program percepatan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Belu.

"Vaksinasi malam hari tidak selesai hari ini namun akan terus berlanjut setiap sabtu malam. Sementara pagi hingga siang hari tetap kami berikan pelayanan vaksin untuk masyarakat setiap hari kerja, dari senin sampai sabtu, di Klinik pratama Polres"ungkap Kapolres Belu.

“Dan untuk masyarakat yang sudah hadir malam ini. Kami imbau supaya beritahu sanak keluarga, kerabat dan teman-teman mereka yang belum vaksin, supaya datang mengikuti vaksin secara gratis di Gerai vaksin Polres" tambah Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu mengajak masyarakat yang telah divaksin supaya tetap menerapkan protokol kesehatan atau 5 M di manapun berada.

"Bapak ibu, adik-adik yang sudah melakukan vaksinasi malam ini, saya mengimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan merasa sudah di vaksin lalu mengabaikan protokol kesehatan"imbau Kapolres Belu

"Kita harus tetap patuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena itu demi keselamatan bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19"pungkas Kapolres Belu.