Bertugas di Polres Belu hingga Pensiun di Tim-Tim, Simak Rekam Jejak Karir Pelda (Purn) Thomas Mau Yang Dimakamkan Secara Kedinasan

Bertugas di Polres Belu hingga Pensiun di Tim-Tim, Simak Rekam Jejak Karir Pelda (Purn) Thomas Mau Yang Dimakamkan Secara Kedinasan

Kepolisian Resor Belu menggelar Upacara pemakaman Almarhum Pembantu Letnan Dua Polisi (Pelda) Purnawirawan Thomas Tae Mau, minggu (1/2/2022).

Upacara secara kedinasan Polri yang digelar pukul 13.30 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang diwakili Kabag SDM, AKP Yunior T.M. Duil dengan komandan Upacara, Ka.SPKT IPDA Gaspar Manit.

Sebelum jenazah dimakamkan secara kedinasan Polri, rangkaian upacara diawali dengan penyerahan jenazah oleh keluarga kepada Inspektur Upacara, yang berlangsung di rumah duka, kelurahan Tulamalae, Kec. Atambua Barat, Kab. Belu.

Kapolres Belu dalam amanat singkatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengungkapkan, selama bertugas di Kepolisian hingga memasuki purna bakti, Almarhum telah melaksanakan tugasnya secara baik dimanapun ia ditempatkan.

Lanjutnya, Almarhum telah memberikan kesan dan penilaian yang sangat positif, begitu juga pandangan masyarakat terhadap Almarhum sangat baik, sehingga hal ini dapat menjadi suri tauladan bagi anggota Polri dan masyarakat.

“Selama aktif di kepolisian, Almarhum memiliki karir yang cukup baik. Almarhum adalah salah satu anggota Polri yang patut dihargai, dihormati, terutama melaksanakan tugas di Kepolisian dimanapun ia ditempatkan, karena memiliki dedikasi yang tinggi, loyalitas dan semangat kerja yang tinggi “ungkap Kabag SDM.

“Saya atas nama Pimpinan dan seluruh keluarga besar Polri Polres Belu serta Bhayangkari, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Almarhum. Harapan dan doa Kami, semoga Arwah Almarhum dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan amal bhaktinya”harap Kabag SDM.

Menutup sambutannya, Irup berharap kiranya keluarga selalu mendapat penghiburan dan keteduhan iman dalam menata hidup sehari-harinya.

Pemakaman Almarhum Pelda (Purn) Thomas Tae Mau berlangsung di pemakaman keluarga tepatnya di rumah Almarhum di kelurahan Tulamalae, Atambua.

Seluruh tamu undangan, memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah diturunkan ke liang lahat yang diiringi dengan tembakan Salvo oleh satu regu Dalmas Sat Samapta Polres Belu.

Upacara kedinasan Polri ini dihadiri Sejumlah pejabat utama Polres Belu beserta anggota dan Bhayangkari,  para Purnawirawan Polri serta ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan.

Untuk diketahui, Almarhum Pelda (Purn) Thomas Tae Mau lahir di Lebos Timor Leste pada tanggal 12 desember 1942 dari pasangan Almarhum bapak Marianus Lesu dan ibu Almarhumah Maria Boe.

Usai di lantik menjadi anggota Polri tahun 1963 dengan pangkat Agen Polisi Tingkat dua (sekarang Bharada), Almarhum langsung di tugaskan di Satuan Intelkam Polres Belu Polda Nusra (sekarang Polda NTT) hingga tahun 1965.

Dari anggota Intelkam, Almarhum dimutasikan sebagai anggota Polsek Besikama. 10 tahun bertugas di Besikama, Tepatnya di tahun 1975, Almarhum kemudian mendapat promosi jabatan sebagai komandan Pos Motaain.

Masih di tahun yang sama (1975), Almarhum ditugaskan dalam operasi di wilayah Timor Timur hingga tahun 1976.

Dari motaain, Almarhum kembali dimutasikan sebagai anggota Binmas Polres Belu. Pada tahun 1979, Almarhum dimutasikan menjadi anggota Polwil Tim-Tim Polda Nusra.

Di Polwil Tim-Tim, Almarhum sempat ditugaskan dalam operasi Kikis, menjadi anggota Komandan Sabhara, Kapolsek Soibada, Kapolsek Lakulubar dan kemudian menjalani purna tugas pada tahun 1991 dengan pangkat Pelda (sekarang AIPDA).

Almarhum yang tutup usia pada hari minggu tanggal 30 januari 2022, sekitar pukul 14.32 wita karena sakit., meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga khususnya istri, 3 orang anak, 10 orang cucu serta 4 orang cicit.