Buka Latihan Pra Operasi, Wakapolres Belu Imbau Anggota Pahami Sasaran dan Cara Bertindak dalam Operasi Zebra Turangga 2024

Buka Latihan Pra Operasi, Wakapolres Belu Imbau Anggota Pahami Sasaran dan Cara Bertindak dalam Operasi Zebra Turangga 2024

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Belu selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 14 sampai dengan 27 oktober 2024, akan melaksanakan operasi Zebra Turangga 2024.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Polres Belu pada sabtu (12/10/2024) menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang mengusung tema "Melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian, Polri Siap Meningkatkan Kamseltibcar Lantas Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024"

Latihan Pra Ops yang dilaksanakan pukul 09.00 wita, dihadiri Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Lantas, IPTU Marthen Luther Petterson, SH, Kaur Bin Ops,Intelkam, IPTU Nikodemus N.Saleh, para Perwira Staf serta Brigadir yang terlibat dalam operasi Zebra.

Saat membuka pagi tadi, Kapolres Belu, AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres Belu, KOMPOL Lorensius, S.H., S.I.K menekankan semua Kasatgas dan anggota yang terlibat dalam operasi, serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

“Saya minta rekan-rekan serius dalam latihan ini. Nanti para Instruktur Saya minta agar betul-betul menyampaikan target, sasaran, cara bertindak sehingga anggota mengerti apa tugasnya dan bertanggung jawab pada siapa” kata Wakapolres Belu.

"Kalau rekan-rekan memahami dengan benar, maka dapat bertindak sesuai dengan sasaran maupun target operasi. Dan juga antara satgas harus berkoordinasi secara baik agar tidak terjadi miss komunikasi dilapangan"tambahnya.

Lebih lanjut, mantan Wakapolres Sumba Barat ini menjelaskan, operasi zebra ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak underestimed dengan selalu mempedomani petunjuk, cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi Zebra.

"Saya minta rekan-rekan laksanakan operasi ini dengan baik, mungkin ada target yang belum tercapai di operasi sebelumnya, minimal tahun ini kita tingkatkan kaitan dengan menciptakan kamselibcar lantas apalagi dalam kegiatan ini kita mendukung Pilkada yang saat ini sudah berjalan"imbau Wakapolres Belu.

"Jadi Saya minta pahami betul sasaran operasi, laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh. Namun upayakan selalu melalui pendekatan humanis. Laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik, baik secara langsung di jalan raya, sekolah-sekolah maupun memanfaatkan media sosial"tambahnya.

Menutup sambutannya, Wakapolres Belu berpesan ke anggota untuk menjaga keselamatan diri selama operasi berlangsung.

"Sekali lagi dalam pelaksanaan nantinya, siapapun bertugas baik itu junior dan Perwira yang mendampingi harus saling mengingatkan, jaga diri dan keselamatan rekan-rekan karena selain melaksanakan tugas, ingat masih ada yang menunggu kita dirumah.sehingga rekan-rekan harus berupaya semaksimal mungkin menjaga keselamatan"pesan Wakapolres Belu.

Usai dibuka Wakapolres Belu, Kegiatan ini juga diisi dengan paparan dari Kabag Ops, Kasat Lantas dan Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Belu.serta ditutup dengan sesi tanya jawab.