Jamin Keamanan, 2/3 Kekuatan Polres Belu dan Satu Kompi Personil BKO Turun Amankan Pleno Pilkada Tingkat Kabupaten

Jamin Keamanan, 2/3 Kekuatan Polres Belu dan Satu Kompi Personil BKO Turun Amankan Pleno Pilkada Tingkat Kabupaten

Komisi Pemilihan Umum kabupaten Belu menyelenggarakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu tingkat kabupaten Belu, rabu (16/12/2020).

Untuk menjamin keamanan kegiatan tersebut, Kepolisian Resor Belu menurunkan 2/3 kekuatan di tambah satu kompi BKO, mengamankan jalannnya kegiatan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu, yang berlangsung di ball room hotel Matahari Atambua.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si menjelaskan, ratusan anggota ditempatkan di beberapa titik pengamanan antara lain di luar dan dalam hotel Matahari (ruang pleno),cabang toko union, cabang Seriti, cabang BRI Cabang Atambua, kantor KPUD Belu, kantor Bawaslu Belu dan gudang logistik KPUD Belu.

Selain itu, satu kompi dalmas dan dua peleton patroli juga disiapkan untuk melakukan patroli secara rutin sebelum, selama dan sesudah kegiatan pleno rekapitulasi penghitungan suara pilkada tingkat kabupaten.

"Kegiatan hari ini betul-betul krusial sehingga kita maksimalkan kekuatan yang ada untuk melaksanakan pengamanan hari ini. Kita libatkan 2/3 kekuatan kemudian di tambah 1 peleton BKO Brimob Nusantara, 1 peleton BKO Polres Kupang kemudian di back up juga dari Brimob Atambua"kata Kapolres Belu, rabu (16/12/2020) pagi tadi.

"Dan penempatan personil kita lakukan berdasarkan maping wilayah dan tingkat kerawanan. Masing-masing titik dipimpin langsung perwira pengendali. Kita betul-betul all out supaya kegiatan hari ini berjalan aman dan tidak ada gangguan sekecil apapun"pungkas Kapolres Belu.

Untuk mencegah pergerakan massa lanjut Kapolres Belu, anggota kepolisian juga ditempatkan di ruas jalan dari dan menuju kota Atambua antara lain jalur Atapupu, jalur Halilulik, jalur Sadi dan jalur Fatubenao.

"Semua jalur yang menuju kota, kita siagakan personil untuk menutup pergerakan massa. Kalau pengendara yang tidak membawa massa, kita persilahkan lewat namun dalam ikatan massa, akan Kita imbau dan suruh balik"terang Kapolres Belu.

"Langkah preventif dan preemtif yang Kita lakukan ini semata-mata untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan karena karena kalau antar massa sudah berkumpul dan bertemu maka peluang bentrok itu akan muncul. Dan Kita tidak ingin munculnya klaster covid-19 dengan adanya kerumunan massa"pungkas Kapolres Belu.

Hingga berita ini diturunkan, anggota Polres Belu dan jajaran ditambh satu kompi BKO, sudah berada di masing-masing titik pengamanan.

Seperti di hotel Matahari, sebanyak satu peleton dalmas,satu peleton BKO Brimob Nusantara dan satu peleton gabungan Polres, sejak pagi tadi pagi pukul 06.00 wita, telah bersiaga penuh di bawah kendali Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH.

Sterilsasi di dalam dan di luar ballroom hotel Matahari pun, sudah dilakukan oleh tim deteksi Subden 2 pelopor A Brimob Belu.

Setiap persimpangan dari dan menuju hotel Matahari telah diisi personil kepolisian yang melakukan pengaturan lalu lintas dan menutup akses menuju hotel.

Begitupun di kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik KPU, telah diisi personil kepolisian yang dipimpin langsung Perwira Pengendali.

Ruas-ruas jalan dari dan menuju kota, juga telah diisi personi kepolisian antara lain di jembatan Fatubenao, terminal Umanen, cabang Sadi, bundaran Halilulik dan depan Polsek Lasiolat.

Pelaksanaan rapat pleno tingkat kabupaten ini sendiri akan berlangsung pukul 10.00 wita, yang dihadiri Bupati Belu, forkopimnda plus, penyelenggara pemilu, pasangan calon dan ketua tim kampanye, sejumlah perwakilan kepala dinas, pimpinan radio dan insan pers.