Digelar Selama Dua Pekan, Kapolres Belu Sebut ada Tujuh Prioritas Sasaran Operasi Patuh Turangga 2020

Digelar Selama Dua Pekan, Kapolres Belu Sebut ada Tujuh Prioritas Sasaran Operasi Patuh Turangga 2020

Di tengah penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB), Kepolsiian Negara Republik Indonesia selama 2 pekan kedepan menggelar Operasi Patuh Turangga 2020, terhitung hari ini rabu, 23 Juli hingga 5 Agustus 2020.

Operasi yang dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Indonesia, bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Cliffry S.Lapian, S.I.K saat memimpin apel gelar pasukan operasi Patuh Turangga 2020 pagi tadi, rabu (23/7/2020).

Dalam operasi tersebut lanjut Kapolres Belu, terdapat tujuh sasaran prioritas yang diharapkan dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu  lintas serta terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas ) yang mantap.

Ketujuh sasaran operasi patuh ini antara lain pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu dan pengemudi di bawah umur.

"Kemudian sasaran kelima  pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba / mabuk dan sasaran ketujuh pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan"tambah Kapolres Belu.

"Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalu lintas tersebut di atas, maka diharapkan operasi patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas  serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap"pungkas Kapolres Belu.

Kapolres Belu yang membacakan sambutan tertulis Kapolda NTT, Irjen Pol.Drs.Hamidin menegaskan kepada anggota yang terlibat dalam operasi, untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.

"Hindari tindakan pungli dan melakukan tugas operasi patuh ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat"tegas Kapolres Belu.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk  kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta Polri yang kita cintai ini"tutup Kapolres Belu.

Apel Gelar pasukan Ops Patuh 2020, ditandai dengan penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Suden Pom IX Udayana Belu, dan Dishub darat Kab.Belu.

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan sekitar pukul 08.00 WITA,dihadiri Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Kasubden POM IX Udayana Belu,  Kepala Jasaraharja Belu, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, Danki Brimob Kompi 2 Pelopor Belu serta  Perwira Staf Polres Belu.

Sementara peserta apel pagi terdiri dari barisan Subden POM, Kodim 1605 Belu, Subden 2 Pelopor Brimob Belu, Sat Samapta, Sat Lantas, Staf Gabungan, gabungan Sat Reskrim, Sat Intel dan Sat Narkoba serta barisan Dinas Perhubungan Kab. Belu.

Untuk diketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak di seluruh indonesia, menggelar operasi Patuh selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 23 juli 2020 sampai dengan 5 agustus 2020.