Home / BERANDA / Polres Belu Gaungkan Deklarasi Damai Menuju Pilkades Tahun 2019 yang Aman dan Damai

Polres Belu Gaungkan Deklarasi Damai Menuju Pilkades Tahun 2019 yang Aman dan Damai

Kepolisian Resor Belu bersama TNI dan Pemerintah daerah kabupaten Belu, menggelar rapat koordinasi di gedung Betelalenok, Atambua, selasa (15/10/19).

Rapat koordinasi ini dibuka Wakil Bupati Belu, Drs.JT.Ose Luan yang dihadiri Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.H.,M.Si, Dandim 1605 Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Kepala Kejaksaan Negeri Belu, Alfonsius G. Loe Mau, Para Camat Se-Kab Belu,  Para Kabag, Kapolsek jajaran, Kapospol, Kanit dan Bhabinkamtibmas, para Penjabat Kepala Desa, para Calon Kepala Desa serta Panitia Pemilihan Kepala Desa.

Kegiatan yang berlangsung pukul 10.00 WITA, diisi dengan pernyataan sikap dan penandatangan deklarasi damai oleh para calon kepala desa dari 32 desa pada 8 kecamatan di kabupaten Belu.

Deklarasi damai ini juga turut ditanda tangani para saksi antara lain Kapolsek, Camat dan para ketua panitia pilkades di desa.

Kepada awak media, Kapolres Belu mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya deklarasi damai ini sebagai langkah mengajak seluruh calon kepala desa, bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif terhadap pelaksanaan Pilkades tahun 2019 di kabupaten Belu.

“Ini sebagai bentuk komitmen para calon untuk menciptakan Pilkades yang damai, sejuk dan lancar selama pelaksanaan Pilkades tahun ini”kata Kapolres Belu.

“Dengan cara mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan pilkades serentak 2019″lanjut Kapolres Belu.

Pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 ini akan dilaksanakan di 32 desa pada 8 Kecamatan antara lain kecamatan Lamaknen, Lamaknen Selatan, Tasifeto Timur, Kakuluk Mesak, Raimanuk, Nanaet Duabesi, Lasiolat dan kecamatan Raihat.

Berikut kutipan lengkap deklarasi Pilkades damai oleh calon kepala desa kabupaten Belu tahun 2019;

PADA HARI INI, SELASA TANGGAL LIMA BELAS OKTOBER TAHUN DUA RIBU SEMBILAN BELAS, KAMI PARA CALON KEPALA DESA PERIODE 2019 – 2025, DENGAN SEMANGAT MENJAGA PERDAMAIAN, PERSAUDARAAN, KEBERSAMAAN DAN TAAT ATURAN, KAMI BERSEPAKAT UNTUK MELAKSANAKAN DEKLARASI :

1. KAMI PARA CALON KADES SEPAKAT BERSAMA-SAMA AKAN MEMATUHI DAN MELAKSANAKAN SETIAP TAHAPAN PILKADES SECARA DAMAI, SOPAN, BERMARTABAT DAN PENUH TANGGUNG JAWAB DEMI TERSELENGGARANYA PILKADES SERENTAK 2019 SECARA DEMOKRATIS YANG LEBIH BAIK BAGI MASYARAKAT.

2. KAMI PARA CALON KADES BERSEDIA MEMATUHI DAN MELAKSANAKAN SEGALA PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU SERTA MENGEDEPANKAN ETIKA DAN MORALITAS SELAMA PELAKSANAAN PILKADES SERENTAK 2019.

3. KAMI PARA CALON KADES SEPAKAT UNTUK MENCIPTAKAN SITUASI YANG KONDUSIF SELAMA PELAKSANAAN PILKADES SERENTAK 2019.

4. KAMI PARA CALON KADES BERTEKAD UNTUK SIAP MENANG DAN SIAP KALAH DALAM GELARAN PILKADES SERENTAK 2019.

5. KAMI PARA CALON KADES TIDAK AKAN MELAKUKAN PELANGGARAN HUKUM BAIK PIDANA MAUPUN PERDATA SELAMA TAHAPAN PILKADES.

6. KAMI PARA CALON KADES DAN PARA PENDUKUNG TIDAK AKAN BERBUAT ANARKIS DAN SEPAKAT UNTUK MENCIPTAKAN SITUASI YANG KONDUSIF SELAMA PELAKSANAAN PILKADES TAHUN 2019.

7. KAMI PARA CALON KADES AKAN SALING MENGHORMATI, TIDAK SALING MEGHUJAT ANTAR CAKADES SATU DENGAN YANG LAINNYA.

8. KAMI PARA KADES SEPAKAT, APABILA TERJADI PERMASALAHAN ATAU PERBEDAAN PENDAPAT, AKAN DISELESAIKAN DENGAN MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT, TIDAK AKAN TERPANCING DAN TERPROVOKASI MELAKUKAN TINDAKAN ANARKIS.

9. APABILA DIKEMUDIAN HARI MELANGGAR KESEPAKATAN DEKLARASI DAMAI INI, KAMI BERSEDIA DIAMBIL TINDAKAN, SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DAN KETENTUAN HUKUM YANG BERLAKU.

DEMIKIAN DEKLARASI DAMAI INI DI BUAT DENGAN IKHLAS, SEBAGAI KOMITMEN MORAL DAN AKAN DILAKSANAKAN DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB, UNTUK KEPENTINGAN PERSATUAN DAN KESATUAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA KHUSUSNYA KABUPATEN BELU.

SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA MEMBERKAHI KITA SEMUA, AMIN.

About admin

Check Also

Penuh Haru, Anggota Polres Belu dan Bhayangkari Lepas Kepergian AKBP Christian Tobing

Usai kegiatan laporan kesatuan, Kapolres Belu AKBP Cliffry Steiny Lapian, S.I.K. bersama anggota dan Bhayangkari, …