Home / BERANDA / Polres Belu Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2019

Polres Belu Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2019

Kepolisian Resor Belu, senin (11/3/19) pagi, menggelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di Aula Wira Satya Polres Belu pukul 09.00 WITA,dihadiri Kapolres Belu, Dandim 1605/Belu, Ketua Pengadilan Negeri Atambua, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Waka Polres Belu, para Kabag, Kasat dan para Kapolsek, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat serta insan pers.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Cristian Tobing, S.I.K.,M.Si menjelaskan, pencanangan ZI adalah terkait predikat yang akan diberikan kepada Satuan Fungsi (Satfung) yang pimpinannya memiliki niat mewujudkan WBK dan WBBM.

Hal ini katanya, dapat terwujud melalui reformasi birokrasi yang dilaksanakan oleh seluruh anggota di Wilayah Polres Belu khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pencanangan pembagunan ZI menuju WBK dan WBBM yang pada pagi hari ini secara resmi Saya canangkan, dalam hal ini terkait dengan predikat yang akan diberikan ke Satfung, yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat dan komitmen mewujudkan wilayah bebas krupsi dan bersih, melalui reformasi birokrasi yang dilaksanakan seluruh anggota khususnya dalam hal pencegahan koripsi dan peningkatan pelayanan publik”kata Kapolres Belu

“Karena itu, Saya minta keseriusan dari seluruh personil Polres, dalam melaksanakan ZI dalam rangka menuju Wilayah Bebas Korupsi dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, Dan pencanangan ZI hari ini, juga disaksikan instansi-instansi terkait bersama para tokoh masyarakat dan tokoh agama”lanjut Kapolres Belu.

WBK ini lanjut Kapolres, akan diberikan kepada Satfung yang mendapat syarat indikator hasil WBK memperoleh hasil penilaian indikator proses diatas 75 dan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

“Dari predikat WBK, penilaian akan ditingkatkan menuju WBBM yang akan diberikan kepada Satfung yang memiliki syarat indikator proses di atas 85 pada Zona Integritas yang telah memiliki opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan hasil laporan keuangannya”lanjut Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu meminta dukungan dari instansi terkait dan para tokoh yang hadir, dalam hal pengawasan pelaksanaan kegiatan ZI, sehingga apa yang diharapkan Polres dan juga masyarakat, dapat berjalan dengan baik.

“Selain dari pelayanan yang prima, tentunya pelaksanaan ZI ini akan berjalan dengan baik, bilamana ada dukungan dan pengawasan dari berbagai pihak, dengan memberikan informasi dan masukan kepada kami yang saat ini sedang melaksanakan Zona Integritas,” ujar Kapolres Belu.

Masih terkait ZI, direncanakan dalam waktu dekat ini, Tim Badan Pemeriksa Keuangan dari Mabes Polri bersama Kementerian PAN RB. akan melakukan penilaian ZI menuju WBK di wilayah Polres Belu pada tanggal 18 Maret 2019 mendatang.

“Ini perlu kerja keras dari seluruh anggota yang ada di Polres Belu untuk sama-sama kita tingkatkan kualitas pelayanan dan juga memiliki komitmen integritas dengan tidak melakukan pungutan liar, KKN, dan senantiasa melajukan pekerjaan sesuai dengan SOP dan aturan dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat” pintanya.

“Saya minta seluruh anggota agar tetap semangat. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan Kita siapa lagi jadi Saya harapkan seluruh indikator yang akan dilakukan penilaian, bisa melegkapi dan bisa menjadikan penilaian yg baik sebagai syarat untuk menuju WBK”pungkas Kapolres.

Kegiatan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan pencanangan ZI oleh instansi terkait dan para tokoh selaku lembaga independet serta penandatanganan pakta integritas dan deklarasi oleh para pejabat utama Polres dan Kapolsek jajaran, sebagai komitmen menjadikan Polres Belu, wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Penandatanganan Pencanangan ZI oleh Instansi Terkait dan Para Tokoh

About admin

Check Also

Anggota Muslim Polres Belu Gelar Zikir dan Doa untuk Anggota Yang Bertugas di Jakarta

Guna mendukung moril personil yang sedang melaksanakan pengamanan aksi damai di Jakarta pasca penetapan pemilu …