Home / BERANDA / Polda NTT dan Kodam IX/Udayana Sukses Amankan Rangkaian Kunker Presiden RI Ir.H.Joko Widodo di Belu

Polda NTT dan Kodam IX/Udayana Sukses Amankan Rangkaian Kunker Presiden RI Ir.H.Joko Widodo di Belu

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) bersama Kodam IX/Udayana, sukses melaksanakan pengamanan VVIP kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan rombongan di wilayah Kabupaten Belu, NTT, Senin (20/5/2019).

Karoops Polda NTT, Kombes Pol Drs. Rudi Kristantyo menyampaikan, Kunker Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Kabupaten Belu dalam rangka peresmian Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak.

Selama kegiatan Kunker Presiden RI di Kabupaten Belu, diamankan oleh ribuan Personel gabungan TNI-POLRI yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP terdiri dari Personel Polda NTT, Korem 161/WS, Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang, Polres Belu dan Kodim 1605 Belu serta dibantu oleh unsur pengamanan lainnya.

“Pengamanan ini dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Raja Erizman, selaku Pangkoop dan Wakapangkoop Pam VVIP”, ujar Kombes Pol Drs. Rudi Kristantyo.

Lanjutnya, lokasi pengamanannya sendiri dipusatkan di bendungan Rotiklot, selain itu, juga dilakukan pengamanan di sepanjang rute yang dilewati Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan rombongan termasuk objek bandara yakni Bandara El Tari Kupang dan Bandara A.A Bere Tallo serta di Masjid Mujahidin Atambua.

Ia menjelaskan, sifat pengamanan yakni, menjaga kelancaran lalu lintas dan menjaga Kamtibmas selama kegiatan berlangsung di lokasi digelarnya kegiatan peresmian Bendungan Rotiklot.

Presiden RI Ir.H. Joko Widodo tiba di Atambua menggunakan jalur udara sekitar Pukul 13.15 Wita. Dari Bandara, Presiden dan rombongan dikawal menuju Mesjid Agung Al-Mujahiddin untuk melaksanakn sholat Dzuhur disana.

Usai melaksanakan Sholat, Presiden RI dan rombongan dengan menggunakan jalan darat, bertolak menuju Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Presiden RI Joko Widodo, tiba di Bendungan Rotiklot sekitar pukul 14.25 Wita, didampingi oleh Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat dan Bupati Belu Drs.Wilibrodus Lay dan disambut secara adat dan tarian likurai.

Di lokasi bendungan, Presiden meresmikan Bendungan Rotiklot yang ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti yang didampingi oleh Menteri PU PR RI Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara RI Prof. Dr. pratikno, M.Soc.Sc, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi dan Bupati Belu Drs.Wilibrodus Lay.

Selanjutnya, Presiden RI melakukan penaburan seratus ribuh benih ikan di bendungan dilanjutkan dengan peninjauan bendungan Rotiklot serta penanaman pohon.

Sekitar pukul 15.30 Wita Rombongan Presiden RI meninggalkan lokasi Bendungan Rotiklot menuju Bandara A.A. Bere Tallo dan selanjutnya bertolak menuju Kupang.

Turut mendampingi kunker Presiden RI di Kabupaten Belu, Ketua Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki dan Staf ahli Khusus Presiden Bagian Keamanan Komjen Pol. Purn. Gregorius Mere.

About admin

Check Also

Apel Gelar Pasukan Tandai Operasi Zebra Turangga 2019 di Wilayah Hukum Polres Belu

Dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas,Polri tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan …