Home / BERANDA / Pekan Pertama Ramadhan 1440 H, Polres Belu Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama, Forkopimda dan Masyarakat

Pekan Pertama Ramadhan 1440 H, Polres Belu Gelar Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama, Forkopimda dan Masyarakat

Memasuki pekan pertama atau hari keenam puasa Ramadhan tahun 2019/1440 H, Kepolisian Resor Belu menggelar acara buka puasa bersama dengan mengundang Forkopimda, Tokoh Lintas Agama serta masyarakat Kabupaten Belu dan Malaka, sabtu (11/5/19).

Sebelum acara dimulai, para undangan dihibur dengan qasidah yang dibawakan grup Hadrah Muslimat NU dari mesjid Hidayatullah Atambua.

Acara buka puasa bersama yang dimulai pukul 16.30 WITA, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ustad Irwan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres Belu mengungkapkan, tujuan dari acara buka puasa bersama ini adalah mempererat silahturahmi antar umat beragama yang hidup di daerah perbatasan RI-RDTL.

“Tujuannya menyambung tali kasih silahturahmi antara kita sehingga harapan keamanan, kenyamanan dan ketentraman di Kab.Belu, akan selalu terwujud dengan Kita saling menjaga keharmonisan dalam setiap perbedaan” kata Kapolres Belu.

Usai sambutan dari Kapolres Belu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kab. Belu yang diwakili Romo Yoris Samuel Giri Pr serta siraman rohani yang dibawakan Imam Mesjid Nurul Iman Kota Kupang Ustad H. Muksin Talib, S.Pd.I.

Romo Yoris pada kesempatan tersebut mengungkapkan, momentum ramadhan ini kiranya sesama umat manusia memanfaatkannya dengan terus merajut kebersamaan dengan berbagai macam perbedaan ras, suku, golongan maupun agama.

“Negara kita teristimewa NTT, dikenal sebagai daerah terpencil tapi terkenal dari segi toleransi. Sebagai anak bangsa, sesungguhnya Kita adalah saudara di bawah Pancasila, UUD dan Bhineka Tunggal Ika. Siapapun yang datang menggangu, Kita harus percaya bahwa di bawah TNI-Polri dan dukungan masyarakat,maka kejahatan itu akan sirna” kata Romo Yoris.

Sementara Ustad H. Muksin Talib, S.Pdi dalam ceramah singkatnya mengatakan, ibadah puasa adalah ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada seluruh umat manusia untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa yakni dengan mengerjakan semua perintah Allah, dan menjauhi semua yang dilarang Allah.

“Dari jaman Nabi Adam A.S, Allah SWT telah memerintahkan umatNYA untuk berpuasa. Tujuannya adalah untuk meraih takwa karena adakalanya orang berpuasa bukan karena Allah SWT tetapi untuk tujuan duniawi semata”kata Ustad Muksin.

“Takwa ini sendiri dapat diraih melalui sikap dalam menjalani puasa, karena puasa tidak cukup hanya dengan menahan hawa nafsu tetapi juga sikap dan perilaku yang baik dengan orang disekitarnya seperti halnya saat ini Kita berkumpul disini, merajut kebersamaan dalam kebhinekaan”lanjut Ustad Muksin.

Selepas berbuka yang dilanjutkan dengan Sholat Magrib berjamaah, acara kemudian diisi dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada anak-anak panti asuhan Bina Lestari Bunga Bangsa, panti asuhan Al-Muhajirrin serta kaum dhuafa.

Santunan dan juga bingkisan diserahkan oleh Kapolres Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K., M.Si, Wakapolres Belu KOMPOL I Ketut Perten, Ketua Bhayangkari Cabang Belu Ny.Dani Tobing dan Wakil Ketua Bhayangkari Ny.Warniki Ketut Perten.

Buka Puasa yang digelar di halaman Polres, dihadiri Dandim 1605 Belu, Letkol Inf. Ari Dwi Nugroho, Danyon Raider Khusus 744/SYB Letkol Inf. Teuku Mustafa Kamil, Dansatgas Yonif 408/SBH, Mayor (Inf) Joni Eko Prasetyo S.I.P, Ketua MUI Kab. Belu, Drs.Kaliman Lamarobak, Ka.Lapas Atambua, Forum Komunikasi Umat Beragama Kab. Belu, Imam Masjid se-Kab. Belu, Majelis Taklim se-Kab. Belu, keluarga besar Polres Belu, anggota Kodim 1605 Belu, Yon Raider 744/SYB, Satgas Pamtas Yon 408/SBH serta Insan pers.

    

About admin

Check Also

Anggota Muslim Polres Belu Gelar Zikir dan Doa untuk Anggota Yang Bertugas di Jakarta

Guna mendukung moril personil yang sedang melaksanakan pengamanan aksi damai di Jakarta pasca penetapan pemilu …